Benarkah Pare Menurunkan Asam Urat? Simak Cara Mengonsumsinya

Senin, 17 Juli 2023 - 10:56 WIB
loading...
Benarkah Pare Menurunkan Asam Urat? Simak Cara Mengonsumsinya
Pare dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Sayuran ini familiar di masyarakat Indonesia dan mempunyai buah memanjang dengan bintil di luar. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Pare dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Sayuran ini cukup familiar di masyarakat Indonesia dan mempunyai buah memanjang dengan bintil-bintil di luar kulitnya.

Pare yang sering digunakan sebagai lalapan, ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya dipercaya bisa menurunkan asam urat .

Hal ini karena di dalam pare terkandung beragam nutrisi penting, yaitu vitamin, seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan B12, mineral, seperti zat besi, kalsium, kalium, zinc, magnesium, dan fosfor, karbohidrat dan serat, antioksidan, seperti fenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin.

Dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin (17/7/2023) dalam sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa jus pare bisa menurunkan asam urat pada tikus.



Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat pare, Anda bisa minum secangkir jusnya di pagi hari secara rutin. Meskipun itu adalah sayuran, sehingga jika memakannya dalam bentuk apa pun, tetap mendapatkan manfaat.

Anda juga bisa menyantap pare dengan berbagai macam olahan. Asam urat sendiri merupakan racun yang diproduksi di dalam tubuh, yang mudah disaring oleh ginjal dan dikeluarkan dari tubuh.

Tak hanya menurunkan kadar asam urat. Manfaat pare yang paling terkenal adalah menurunkan gula darah. Hal ini karena pare memiliki senyawa yang dapat bertindak seperti insulin, yang bertugas mengolah gula darah untuk menjadi energi di dalam sel tubuh.

Kandungan serat yang tinggi pada pare juga mampu mencegah konstipasi serta membantu menurunkan berat badan. Ini karena bahan makanan satu ini rendah kalori dan kaya serat.



Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi pare dapat membantu mencegah penyakit jantung. Pasalnya, konsumsi pare dalam jumlah yang cukup mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang ada dalam pare juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)