Makanan yang Cepat Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol dalam Beberapa Minggu

Senin, 17 Juli 2023 - 12:57 WIB
loading...
Makanan yang Cepat Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol dalam Beberapa Minggu
Ada makanan yang cepat menurunkan gula darah dan kolesterol dalam beberapa minggu. Jamur kancing putih bermanfaat untuk kolesterol tinggi dan gula darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada makanan yang cepat menurunkan gula darah dan kolesterol dalam beberapa minggu. Menurut penelitian, jamur kancing putih bermanfaat untuk pengobatan kolesterol tinggi dan gula darah.

Dilansir dari Express, Senin (17/7/2023) jamur telah menjadi perhatian di kalangan medis karena peran potensial mereka dalam pencegahan penyakit neurodegeneratif seperti gula darah dan kolesterol .

Penelitian menemukan bukti bahwa jamur tertentu dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dengan mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah. Menurut laporan awal dalam jurnal Nutrition Research, jamur kancing putih merupakan sumber serat makanan dan antioksidan yang sangat baik.

Banyak manfaat jamur karena profil nutrisinya yang unik, yang terdiri dari vitamin C, D, dan B12. Untuk menjelaskan manfaat ini, para peneliti pada 2010 memberi makan jamur versi bubuk kepada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol.



Tikus diabetes yang mengonsumsi suplemen selama tiga minggu telah secara signifikan mengurangi konsentrasi plasma dan glukosa darah dan trigliserida. Hasilnya, kadar gula darah turun sebesar 24,7 persen dan 39,1 persen selama periode tiga minggu.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research hasilnya juga mengungkapkan penurunan aktivitas enzim hati dan penambahan berat hati, menunjukkan peran pencegahan dalam penyakit hati berlemak.

Pada hewan pengerat dengan kolesterol tinggi, terjadi penurunan yang signifikan dalam kolesterol total plasma dan lipoprotein densitas rendah setelah empat minggu mengonsumsi bubuk.

Para peneliti juga mengamati penurunan konsentrasi kolesterol total, lipoprotein densitas rendah dan trigliserida disertai dengan peningkatan yang signifikan dalam konsentrasi lipoprotein densitas tinggi plasma. Disimpulkan bahwa jamur kancing putih memiliki aktivitas hipoglikemik dan hipolipidemik pada tikus.



Meskipun efek penurun kolesterol dari jamur kancing putih sulit ditandingi, peneliti menyarankan ada jenis lain. Di mana penelitian menunjukkan bahwa jamur shiitake membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah.

Jamur jenis itu mengandung senyawa yang menghambat produksi kolesterol, menghalangi penyerapan kolesterol dan menurunkan jumlah keseluruhan kolesterol dalam darah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2199 seconds (0.1#10.140)