Makanan yang Cepat Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol dalam Beberapa Minggu

Senin, 17 Juli 2023 - 12:57 WIB
loading...
Makanan yang Cepat Menurunkan...
Ada makanan yang cepat menurunkan gula darah dan kolesterol dalam beberapa minggu. Jamur kancing putih bermanfaat untuk kolesterol tinggi dan gula darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada makanan yang cepat menurunkan gula darah dan kolesterol dalam beberapa minggu. Menurut penelitian, jamur kancing putih bermanfaat untuk pengobatan kolesterol tinggi dan gula darah.

Dilansir dari Express, Senin (17/7/2023) jamur telah menjadi perhatian di kalangan medis karena peran potensial mereka dalam pencegahan penyakit neurodegeneratif seperti gula darah dan kolesterol .

Penelitian menemukan bukti bahwa jamur tertentu dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dengan mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah. Menurut laporan awal dalam jurnal Nutrition Research, jamur kancing putih merupakan sumber serat makanan dan antioksidan yang sangat baik.

Banyak manfaat jamur karena profil nutrisinya yang unik, yang terdiri dari vitamin C, D, dan B12. Untuk menjelaskan manfaat ini, para peneliti pada 2010 memberi makan jamur versi bubuk kepada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol.

Baca Juga: Minuman yang Menurunkan Gula Darah dalam 30 Menit, Penderita Dibetes Wajib Stok

Tikus diabetes yang mengonsumsi suplemen selama tiga minggu telah secara signifikan mengurangi konsentrasi plasma dan glukosa darah dan trigliserida. Hasilnya, kadar gula darah turun sebesar 24,7 persen dan 39,1 persen selama periode tiga minggu.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research hasilnya juga mengungkapkan penurunan aktivitas enzim hati dan penambahan berat hati, menunjukkan peran pencegahan dalam penyakit hati berlemak.

Pada hewan pengerat dengan kolesterol tinggi, terjadi penurunan yang signifikan dalam kolesterol total plasma dan lipoprotein densitas rendah setelah empat minggu mengonsumsi bubuk.

Para peneliti juga mengamati penurunan konsentrasi kolesterol total, lipoprotein densitas rendah dan trigliserida disertai dengan peningkatan yang signifikan dalam konsentrasi lipoprotein densitas tinggi plasma. Disimpulkan bahwa jamur kancing putih memiliki aktivitas hipoglikemik dan hipolipidemik pada tikus.

Baca Juga: Minuman yang Cepat Menurunkan Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Meskipun efek penurun kolesterol dari jamur kancing putih sulit ditandingi, peneliti menyarankan ada jenis lain. Di mana penelitian menunjukkan bahwa jamur shiitake membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah.

Jamur jenis itu mengandung senyawa yang menghambat produksi kolesterol, menghalangi penyerapan kolesterol dan menurunkan jumlah keseluruhan kolesterol dalam darah.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Apel vs Jeruk: Mana...
Apel vs Jeruk: Mana yang Lebih Aman untuk Gula Darah?
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
5 Tips Mencegah Gula...
5 Tips Mencegah Gula Darah Melonjak usai Lebaran
Kalap Makan saat Lebaran,...
Kalap Makan saat Lebaran, Ini 5 Tips Agar Kolesterol Terkontrol
8 Cara Cegah Asam Urat...
8 Cara Cegah Asam Urat dan Kolesterol Naik Saat Lebaran, Jangan Kalap Makan!
Gastronomi Molekuler...
Gastronomi Molekuler Ungkap Cara Menjaga Laut Lewat Pilihan Seafood
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Bukti Klinis Tunjukkan...
Bukti Klinis Tunjukkan mGanik Metafiber Efektif Tekan Gula Darah Postprandial 34 Persen
Rekomendasi
Israel Jadi Negara yang...
Israel Jadi Negara yang Paling Banyak Diboikot di Dunia
Latja di Polres Malang,...
Latja di Polres Malang, Taruna Akpol Didorong Pahami Implementasi Program Presisi
Menuju Tata Kelola Pesisir...
Menuju Tata Kelola Pesisir Terintegrasi, Pemerintah Dorong Mangrove sebagai Solusi Berbasis Alam
Berita Terkini
Dari Video Rumahan ke...
Dari Video Rumahan ke 15 Juta Juta Subscribes, Ini Rahasia Aletha Abew Bikin Penonton Betah
Maraton Microdrama Makin...
Maraton Microdrama Makin Seru di V+Short, Simak Rekomendasinya!
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Haji Bolot Sempat Tolak...
Haji Bolot Sempat Tolak Pakai Kursi Roda Meski Alami Sesak Napas Hebat
Video Latihan Lisa BLACKPINK...
Video Latihan Lisa BLACKPINK di Piala Dunia 2026 Viral, Bikin Fans Tak Sabar
Resmi Rujuk, Pihak Clara...
Resmi Rujuk, Pihak Clara Shinta Sebut Ada Konsekuensi Jika Suami Langgar Perjanjian Damai
Infografis
Apakah Minum Air Kelapa...
Apakah Minum Air Kelapa Bisa Menurunkan Gula Darah?
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved