Siti Badriah Jalani Operasi Tumor Kelenjar Getah Bening, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Selasa, 18 Juli 2023 - 05:30 WIB
loading...
Siti Badriah Jalani Operasi Tumor Kelenjar Getah Bening, Kenali Gejala dan Penyebabnya
Siti Badriah. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Pedangdut Siti Badriah mengalami tumor kelenjar getah bening di bagian ketiak kanannya. Istri dari Krisjiana Baharudin ini pun akhirnya menjalani operasi untuk mengobati penyakit yang diidapnya.

Lantas apa itu tumor kelenjar getang being seperti yang dialami Siti Badriah? Apakah berbahaya? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Dilansir Verywell Health, kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal pada sistem limfatik, yaitu salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Salah satu gejala pertama biasanya adalah limfadenopati, yang mengacu pada pembengkakan kelenjar getah bening.



Lantas, apa penyebab dari tumor getah bening seperti yang dialami Siti Badriah ini? Berikut informasinya.

Penyebab pasti dari terjadinya tumor kelenjar getah bening sebenarnya belum diketahu. Namun, ada beberapa faktor yang memperkuat terjadinya kondisi tersebut.

Kemungkinan penyebab tumor kelenjar getah bening ialah infeksi, cedera pada kelenjar getah bening, obat-obatan, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan kanker. Kanker yang paling sering menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening adalah limfoma dan leukemia.

Selain itu, ada pula penyebab-penyebab lainnya seperti riwayat penyakit serupa dari keluarga, obesitas, hingga faktor usia di atas 60 tahun. Meski begitu, tak menutup kemungkinan seseorang di bawah usia tersebut juga terkena tumor kelenjar getah bening.



Selain itu, faktor dari gaya hidup juga bisa memengaruhi seseorang terkena tumor kelenjar getah bening. Daya tahan tubuh yang melemah khususnya bagi pasien HIV juga bisa jadi penyebab munculnya kondisi tumor tersebut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)