alexametrics

Vaksin Influenza Efektif Mencegah Infeksi dan Komplikasi Virus Influenza

loading...
Vaksin Influenza Efektif Mencegah Infeksi dan Komplikasi Virus Influenza
Influenza kerap dianggap ringan. Padahal, influenza merupakan penyakit yang mudah menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, hingga menyebabkan kematian. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Influenza kerap dianggap ringan. Padahal, influenza merupakan penyakit yang mudah menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, hingga menyebabkan kematian pada kelompok berisiko tinggi, yaitu anak-anak, lansia, individu dengan penyakit kronis.

Saat ini, vaksinasi influenza merupakan salah satu upaya kesehatan untuk mencegah infeksi dan komplikasi virus influenza.

Vaksinasi influenza merupakan cara pencegahan yang terbukti efektif dari segi biaya (cost-effective). Vaksinasi influenza efektif memberikan perlindungan hingga 90% bagi orang yang menerima vaksin dalam kondisi sehat, berusia kurang dari 65 tahun, dan menerima vaksin dengan galur (strain) yang sama dengan galur virus influenza yang beredar.

Sedangkan pada usia diatas 65 tahun, efikasi dari vaksin ini diperkirakan sekitar 17-53%. Vaksin influenza membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu dalam proses membentuk antibodi setelah vaksinasi dilakukan. Vaksinasi influenza pada penderita kardiovaskuler dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 67% dan menurunkan risiko stroke sebanyak 24%.



Berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews, vaksinasi influenza termasuk mudah dan terjangkau, dengan pemberian cukup sekali setiap tahunnya dan telah tersedia di berbagai pusat layanan kesehatan seperti rumah sakit maupun klinik dokter praktek lainnya. Adapun vaksin influenza merupakan salah satu dari tiga vaksin penting yang wajib diberikan kepada lansia, yaitu vaksin influenza, pneumococcal dan herpes zoster. (Baca juga: Virus Corona Bisa Menjadi Penyakit yang Berkepanjangan).

Di sisi lain, vaksin influenza menjadi penting diperhatikan karena informasi mengenai vaksinasi belum terkomunikasikan dengan baik di masyarakat, baik pada tenaga kesehatan, dokter, pemerintah maupun masyarakat umum. Di Indonesia, program vaksin pemerintah yang tersedia adalah vaksin untuk anak-anak, ibu hamil, dewasa muda dan lanjut usia.



Program vaksinasi yang ditanggung oleh pemerintah sampai saat ini program vaksinasi untuk anak-anak dan ibu hamil.
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak