5 Ramuan Jamu yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Yuk Dicoba!

Kamis, 20 Juli 2023 - 05:30 WIB
loading...
5 Ramuan Jamu yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Yuk Dicoba!
Untuk mengobati asam lambung, ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman ramuan jamu. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Penyakit asam lambung atau gerd merupakan kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan makan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk mengobati asam lambung, ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman ramuan jamu atau bahan alami yang mudah didapatkan.

Berikut beberapa jamu yang dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung.


1. Kunyit

Yang pertama ada kunyit. Kunyit mentah juga bisa mengatasi gangguan pencernaan. Salah satunya bisa juga untuk mengatasi asam lambung yang naik.

Kandungan kurkumin pada kunyit murni dapat meredakan rasa sakit dan pencernaan. Anda bisa mengombinasikan dengan bawang putih dan mentega ketika akan mengonsumsi kunyit dalam keadaan mentah.

2. Cengkeh

Selanjutnya ada cengkeh. Tanaman herbal satu ini sudah lama digunakan sebagai obat-obatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda untuk mengobati gangguan pada pencernaan.

Hal itu bisa terjadi lantaran cengkeh memiliki karminatif atau kandungan yang dapat mencegah pembentukan gas di dalam saluran pencernaan tubuh.

3. Kayu Manis

Ramuan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung yakni kayu manis. Tanaman satu ini bisa menenangkan perut Anda, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Untuk meredakannya, Anda dapat meminum teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.


4. Biji Jinten

Biji jinten juga termasuk ramuan yang bisa bekerja untuk menetralkan asam dan membantu meredakan sakit perut. Selain itu, biji-bijian ini juga bisa membantu menyembuhkan saluran pencernaan yang tidak normal.

Cara menggunakannya yaitu dengan menghancurkan sedikit biji jinten panggang, aduk ke dalam segelas air atau rendam satu sendok teh biji jinten dalam secangkir air matang dan minum setelah makan.

5. Jahe

Jahe adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk mengatasi asam lambung. Sebab, tanaman ini memiliki sifat antiinflasi yang sangat baik bagi sistem pencernaan.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengunyah sepotong jahe segar atau meminum jus jahe dua sampai tiga kali sehari. Selain itu, Anda bisa menyeduh jahe segar dalam secangkir air mendidih dan meminumnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)