4 Gejala Asam Urat Tinggi pada Wanita, Nomor 3 Nyeri Jika Ditekan

Kamis, 20 Juli 2023 - 13:30 WIB
loading...
4 Gejala Asam Urat Tinggi pada Wanita, Nomor 3 Nyeri Jika Ditekan
Gejala asam urat tinggi pada wanita umumnya hampir sama seperti yang dialami pria, mulai dari nyeri sendi secara initens hingga tak bisa gerak normal. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Gejala asam urat tinggi pada wanita umumnya hampir sama seperti yang dialami pria dewasa. Mulai dari nyeri sendi secara intens hingga tak bisa bergerak normal.

Asam urat atau bisa disebut juga gout adalah bentuk peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat. Antara wanita dan pria, masing-masing memiliki kadar normal asam urat berbeda.

Misalnya saja, kadar asam urat rendah untuk pria di bawah 2.5 mg/dl , sementara wanita di bawah 1.5 mg/dl. Selanjutnya, pada kadar normal, pria bisa mencapai 2.5–7.0 mg/dl dan wanita 1.5–6.0 mg/dl.

Lalu, kadar asam urat kategori tinggi laki-laki mulai dari 7.0 mg/dl ke atas, adapun wanita di atas 6.0 mg/dl. Selain kadarnya berbeda, pria diketahui lebih rentan mengalami asam urat ketimbang wanita.



Walaupun masing-masing punya perbedaan kadar normal asam urat, namun dari segi gejala tidak demikian. Baik pria maupun wanita dapat merasakan gejala asam urat yang serupa, sekalipun sudah pada kadar tinggi.

Gejala asam urat perlu diperhatikan oleh semua kalangan. Tidak hanya orang tua atau lansia saja yang dapat terserang asam urat, tak menutup kemungkinan anak pun bisa merasakannya karena gaya hidup tidak sehat.

Waspadalah jika Anda mulai merasakan beberapa gejala asam urat tinggi seperti berikut ini.

4 Gejala Asam Urat Tinggi pada Wanita

1. Nyeri Sendi Secara Intens

Gejala asam urat tinggi salah satunya berupa nyeri sendiri yang rasa sakitnya dapat bertambah parah dalam 4 hingga 12 jam. Biasanya, rasa nyeri muncul di bagian jempol kaki, maupun sendi lain seperti lutut, siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan jari.

2. Rasa Tidak Nyaman

Sendi akan terasa mulai tidak nyaman ketika rasa sakir mereda. Biasanya ini berlangsung dalam beberapa hari hingga minggu ke depan.

3. Peradangan dan Kemerahan

Gejala asam urat tinggi selanjutnya yakni peradangan dan kemerahan. Area persendian mulai bengkak serta menimbulkan rasa nyeri apabila ditekan. Selain itu, ada sensasi rasa hangat sampai mulai kemerahan.

4. Tidak Bisa Bergerak Secara Normal

Semakin hari gejala asam urat tinggi yang ditimbulkan makin mengganggu aktivitas. Sendi yang mulai meradang mampu membuat seseorang sulit bergerak normal.

Lalu, apa yang bisa dilakukan ketika gejala asam urat sudah menyerang? Melansir dari laman resmi Siloam Hospital, ada baiknya untuk mengkonsultasikan kepada dokter apabila gejala mulai timbul agar mendapat pengobatan yang tepat.

Ada beberapa cara untuk bisa meredakan asam urat, antara lain mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter dan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin c. Tapi, konsumsi suplemen vitamin C perlu melakukan konsultasi dahulu, apalagi kalau terdapat penyakit medis lain.

Selanjutnya, Anda yang punya masalah asam urat harus memperbanyak konsumsi air putih agar pembengkakan berkurang. Selain itu, hindari juga makanan tinggi purin yang mampu meningkatkan risiko terkena asam urat, misalnya saja daging sapi, daging babi, jeroan, ikan sarden, kerang, dan lain-lain.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)