3 Ciri-ciri Vertigo karena Asam Lambung, Nomor Terakhir Sering Diabaikan

Sabtu, 22 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
3 Ciri-ciri Vertigo karena Asam Lambung, Nomor Terakhir Sering Diabaikan
Ilustrasi Vertigo. Foto/Plossa
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri vertigo karena asam lambung penting untuk Anda ketahui. Pasalnya, serangan vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung beberapa detik atau mungkin lebih lama.

Vertigo atau pusing berputar ini sebenarnya disebabkan karena adanya gangguan pada organ telinga bagian dalam, yang memiliki fungsi sebagai pengatur keseimbangan tubuh.

Namun, penyebab lain dari vertigo juga kerap dihubungkan oleh asam lambung. Lantas, apa saja ciri-cirinya? Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu, (22/7/2023).

Sebenarnya, keterkaitan asam lambung menjadi salah satu penyebab vertigo masih belum kuat. Bahkan, banyak para ahli medis yang menyebut bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda dan tidak saling berhubungan.



Pasalnya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab munculnya vertigo adalah mengalami gangguan pada telinga atau otak, sehingga memicu rasa berputar di sekitar kepala, bukan karena asam lambung.

Meski begitu, munculnya anggapan bahwa asam lambung menyebabkan vertigo juga memiliki ciri-ciri tersendiri, diantaranya:

3 Ciri-ciri Vertigo karena Asam Lambung

1. Pusing dan pandangan kabur

Saat asam lambung naik, penderita biasanya akan merasa pusing dibarengi dengan pandangan kabur. Karena itulah gejala tersebut sering dikaitkan dengan vertigo.

2. Nyeri ulu hati

Beberapa penelitian juga pernah mengidentifikasi adanya hubungan yang kuat antara penyakit asam lambung (gastroesophageal reflux atau GERD), dengan sakit kepala.

Biasanga, ciri-ciri vertigo karena asam lambung yang akan dirasakan penderitanya adalah seperti mual dan muntah, sesak napas, hingga nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar.

3. Mual hingga GERD

Ciri-ciri vertigo karena asam lambung selanjutnya juga disebut-sebut dapat memicu meningkatnya kondisi GERD, sehingga membuat rasa tidak nyaman pada perut, disertai dengan muntah dan mual yang hebat.

Bahkan, sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa penderita penyakit GERD atau gastritis mempunyai 78% risiko kemungkinan mengalami kondisi vertigo perifer.

Pasalnya, saat mengalami asam lambung naik, bisa menyebabkan kegelisahan serta rasa pusing bagi penderitanya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)