Binaragawan Justyn Vicky Meninggal Akibat Tertimpa Barbel, Ini Bahaya Deadlift yang Tidak Tepat

Senin, 24 Juli 2023 - 11:05 WIB
loading...
Binaragawan Justyn Vicky Meninggal Akibat Tertimpa Barbel, Ini Bahaya Deadlift yang Tidak Tepat
Binaragawan sekaligus influencer kebugaran, Justyn Vicky sebelum meninggal akibat tertimpa barbel. Foto/Instagram @justynvickybali_island
A A A
JAKARTA - Binaragawan sekaligus influencer kebugaran asal Bali, Justyn Vicky meninggal dunia usai mengalami kecelakaan tragis saat mengangkat barbel atau yang dikenal dengan deadlift di sebuah gym. Pada peristiwa yang terjadi pada Sabtu (15/7/2023) lalu itu, Justyn gagal mengangkat barbel seberat 210 kilogram.

Video Justyn saat mengangkat beban viral di media sosial. Didampingi oleh profesional lainnya, Justyn nampak kesulitan berdiri hingga ia pertahan duduk dan terjatuh dengan posisi barbel menekuk di bagian leher.

Kejadian tersebut menyebabkan Justyn mengalami patah leher dan kerusakan saraf yang terhubung ke paru-paru dan jantung.

Melihat kasus yang dialami Justyn Vicky, perlu diketahui, deadlift sendiri merupakan latihan gabungan multi-sendi yang sering dilakukan untuk melatih otot punggung dan kaki, serta metode latihan dengan intensitas maksimal untuk set volume rendah.



Dilansir dari Inspirasia Foundation, Senin (24/7/2023), deadlift ini dilakukan untuk melatih kekuatan otot dengan mengangkat alat beban seperti barbel. Ada beberapa tingkatan untuk melakukan latihan ini, mulai dari sedang hingga berat.

Teknik deadlift sendiri adalah dengan berdiri di belakang barbel, kemudian kepada menghadap ke depan dan kaki dilebarkan agar bisa berdiri secara stabil. Saat akan mengangkat barbel, dorong kaki menggunakan tumit kemudian pinggul dan lutut maju sambil posisi berdiri.

Begitu berada di posisi ini, pengangkat beban akan menahannya selama beberapa hitungan sebelum melepaskan barbel.

Risiko cedera deadlift

Setiap hal yang dilakukan tentunya ada risiko yang dialami. Seperti halnya dengan risiko pada deadlift, bila dilakukan tidak tepat akan mengalami cedera punggung bagian bawah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4401 seconds (0.1#10.140)