4 Bahaya Tembakau Sintetis seperti yang Digunakan Bobby Joseph, Halusinasi hingga Kematian

Senin, 24 Juli 2023 - 14:15 WIB
loading...
4 Bahaya Tembakau Sintetis seperti yang Digunakan Bobby Joseph, Halusinasi hingga Kematian
Bahaya tembakau sintetis diantaranya dapat membuat halusinasi hingga kematian. Foto/Dok.Polisi
A A A
JAKARTA - Artis Bobby Joseph kembali ditangkap dengan kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, pada Jumat, (21/7) lalu. Salah satu barang bukti yang berhasil diamankan polisi yaitu narkoba jenis tembakau sintetis.

Tembakau sintetis atau yang kerap disebut ‘sinte’ ini punya banyak jenis. Salah satunya yang populer adalah tembakau Gorila.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (24/7/2023) tembakau gorila adalah ganja sintetis yang terbuat dari campuran berbagai bahan kimia.

Campuran tersebut kemudian disemprotkan pada potongan daun atau pada rokok tembakau, dengan cara dilinting seperti menggunakan ganja kemudian diisap.



Bahan kimia yang terkandung di dalamnya sengaja dibuat secara artifisial untuk meniru efek ganja atau ekstasi.

Efek yang ditimbulkan sendiri layakanya nge-fly seperti tertimpa gorila, bagi pengguna yang tidak kuat menahan efeknya bisa muntah bahkan pingsan.

4 Bahaya Tembakau Sintetis Bagi Kesehatan


Ada berbagai efek samping serius yang sangat berbeda dengan ganja. Berikut adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh tembakau gorila,

1. Halusinasi

Pada awal pemakaian tembakau ini dapat meningkatkan suasana hati. Namun, efek tersebut dengan cepat menjadi berbahaya termasuk efek kebingungan, paranoia dan halusinasi.

Hal ini dapat berujung pada hal-hal serius seperti melukai diri sendiri, bunuh diri, dan kekerasan fisik terhadap orang lain.

2. Gejala Penarikan (Sakau)

Sama halnya dengan gejala narkoba pada umumya, tembakau gorila juga dapat menyebabkan kecanduan dan ketergantungan.

Ketika ketagihan tidak terpenuhi, dapat terjadi gejala penarikan atau disebut sakau.

3. Kerusakan Sistem Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring zat-zat beracun keluar dari tubuh. Kerusakan ginjal bisa terjadi apabila menggunakan tembakau gorila secara terus-menerus.

Untuk memperbaiki fungsi ginjal yang rusak perlu menjalani pengobatan hemodialisis atau cuci darah yang bisa bersifat sementara atau bahkan seumur hidup, tergantung dari tingkat keparahannya.

4. Kerusakan Kardiovaskular

Tembakau gorila dapat menyebabkan kerusakan kardiovaskular seperti serangan jantung dan peningkatan kasus stroke.

Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan fisik yang berkepanjangan hingga kematian.

Gejala yang acap kali terjadi akibat tembakau gorila adalah takikardia dan hipertensi, jika hal ini terjadi secara teratur atau berlangsung lama, jantung, vena, dan arteri dapat mengalami kerusakan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)