5 Inspirasi Model Kebaya untuk 17 Agustusan Agar Tampil Lebih Elegan

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:12 WIB
loading...
5 Inspirasi Model Kebaya untuk 17 Agustusan Agar Tampil Lebih Elegan
Kebaya menjadi must have item untuk tampil elegan saat memeriahkan 17 Agustusan. Kebaya membuat penampilan Anda makin elegan. Foto. Freepik/Johnstocker
A A A
JAKARTA - Berkebaya untuk 17 Agustusan bisa menjadi inspirasi Anda, dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-78. Memakai kebaya saat Hari Kemerdekaan RI akan membuat penampilan Anda makin elegan.

Kebaya yang merupakan warisan budaya Indonesia, sangat lekat dengan identitas perempuan Indonesia saat merayakan HUT Kemerdekaan RI. Model kebaya kini terlihat lebih modis dengan berbagai corak warna.

Kekuatan kebaya tak hanya dari segi warna, melainkan gabungan dari model, teknik bordir-sulam, serta desainnya. Model kebaya kekinian yang disajikan, lebih nyaman dan fleksibel dipakai baik acara bergaya kasual maupun formal.

Berikut inspirasi model kebaya untuk 17 Agustusan yang wajib Anda miliki. Dengan memakai kebaya saat 17 Agustusan dijamin penampilan Anda semakin elegan, dan bikin momen Hari Kemerdekaan RI ke-78 makin berkesan. Yuk langsung disimak:

1. Kebaya Kutubaru
Kebaya Kutubaru biasanya dikenakan dengan menambahkan stagen atau kain, yang dililit di bagian perut untuk menegaskan siluet feminin dari tubuh. Kebaya Kutubaru juga sering dikombinasikan dengan batik wiron yang dilipat berlapis-lapis.

Kebaya Kutubaru modern yang dilengkapi dengan stagen dan jarik ini, kelihatan elegan. Apalagi jika Anda memadupadankan dengan selendang sebagai ornamen. Dengan desain yang menarik, kebaya Kutubaru dapat membuat penampilan Anda terlihat elegan saat menghadiri acara 17 Agustusan.

2. Kebaya Kartini
Disebut Kebaya Kartini, karena kebaya ini berasosiasi dengan kebaya yang dikenakan RA Kartini dalam foto-fotonya. Bukaan depan Kebaya Kartini mirip dengan Kebaya Encim. Yang membedakannya, model kebaya Kartini memakai aksen lipatan pada bagian dada, dan panjang kebaya menutup sampai panggul.

Ciri khas lainnya, ada lipatan kerah yang membentuk garis vertikal yang memberi ilusi lebih tinggi serta ramping pada pemakainya. Kebaya Kartini sering dipadukan stola sebagai pelengkap penampilan.

3. Kebaya Modern
Kebaya modern merupakan kebaya dengan sentuhan yang lebih modern. Bentuk serta pola sudah tidak mutlak seperti kebaya asli. Terdapat perubahan pada beberapa bagian kebaya. Termasuk dalam hal hiasan, bahan, corak, dan mode mulai mengikuti tren yang ada.

Perbedaan lainnya yaitu kebaya modern lebih sering menggunakan bahan yang lebih ringan dan nyaman, seperti katun, sifon, atau satin. Sementara baju kebaya konvensional atau tradisional lebih sering menggunakan bahan, seperti brokat, sutra, atau tenun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)