Penderita Diabetes Lebih Baik Konsumsi Nasi Merah atau Putih? Ini Penjelasan Dokter

Selasa, 25 Juli 2023 - 16:45 WIB
loading...
Penderita Diabetes Lebih Baik Konsumsi Nasi Merah atau Putih? Ini Penjelasan Dokter
Spesialis Gizi Klinik, dr. Marini Siregar, SpGK mengatakan, baik nasi putih maupun merah, keduanya boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Bagus nasi putih atau merah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes ? Hal ini kerap ditanyakan sebagian orang, sebab tak sedikit klaim yang menyebutkan nasi merah sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Marini Siregar, SpGK mengatakan, baik nasi putih maupun merah, keduanya boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dokter Marini menjelaskan, nasi putih dan merah diperbolehkan dikonsumsi oleh seseorang yang terkena diabetes asalkan porsinya disesuaikan serta sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya ditambah dengan sayuran dan lauk pauk memiliki vitamin, protein hingga serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi penderita diabetes memerlukan asupan makan-makanan bergizi, sehingga penting menyeimbangkan kadar gula di dalamnya.



"Dengan kita mengonsumsi sayuran maupun lauk itu akan menyeimbangkan. Adanya sayuran, sehingga makanan yang dikonsumsi juga kaya akan serat," terangnya dalam media briefing 'Rendahnya kandungan natrium lebih aman dan bantu cegah komplikasi diabetes' di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2023) .

Lebih lanjut, kata dokter Marini, jika memilih nasi merah maka akan terasa lebih cepat kenyang dibandingkan mengonsumsi nasi putih.

Sebagaimana dilansir laman Healthline, beras merah terbukti secara signifikan mengurangi kadar gula darah setelah makan pada orang dengan berat badan berlebih, serta penderita diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada 16 orang dewasa dengan diabetes tipe 2, makan 2 porsi nasi merah menghasilkan penurunan yang signifikan pada gula darah pasca makan dan hemoglobin A1c (penanda kontrol gula darah), dibandingkan dengan makan nasi putih.

Sementara itu, sebuah studi selama 8 minggu pada 28 orang dewasa dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa mereka yang makan nasi merah setidaknya 10 kali per minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam kadar gula darah. Serta fungsi endotel pengukuran penting kesehatan jantung.

Selain potensi manfaatnya bagi penderita diabetes, beras merah bahkan dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Tak hanya itu saja, beras merah mengandung magnesium yang lebih tinggi , yang juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)