Perhatikan Manfaat Nasi Merah dan Nasi Putih, Anda Pilih Mana?

loading...
Perhatikan Manfaat Nasi Merah dan Nasi Putih, Anda Pilih Mana?
Selama ini beras merah dianggap lebih unggul daripada beras putih karena beberapa hal. Anda pun bisa memerhatikan manfaat dari dua jenis beras ini. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian negara di Asia, selama ini kita juga tahu bahwa berashadir dalam beberapa warna, bentuk dan ukuran, dan yang populer dikonsumsi adalah nasi putih dan nasi merah.

Beras putih adalah jenis yang paling umum kita konsumsi, namun beras merah secara luas diyakini sebagai pilihan yang lebih sehat. (Baca juga: 5 Tips Liburan Akhir Tahun Aman dan Nyaman Saat Pandemi)

Apakah perbedaan mencolok antara beras putih dan beras merah? Sebenarnya tidak begitu jauh berbeda karena keduanya merupakan sumber tepung yang sangat baik.

Selain itu, terlepas dari manfaat yang hampir sama dari kedua jenis beras tersebut, beras merah selama ini dianggap lebih unggul daripada beras putih karena beberapa hal. Seperti dilansir Boldsky, berikut adalah manfaat dari nasi putih dan nasi merah.



1. Indeks Glikemik
Mengonsumsi makanan dengan Indeks Glikemik rendah sangat baik untuk menurunkan berat badan, mengatasi kelaparan, dan mencegah penyakit jantung.

2. Kandungan Kalori
Kandungan kalori makanan merupakan komponen yang penting juga untuk membantu menentukan manfaat makanan bagi tubuh kita dan Beras merah umumnya mengandung kalori lebih daripada nasi putih.

3. Kandungan Serat
Dalam hal kandungan serat yang sehat, Nasi merah memiliki lebih banyak serat dan antioksidan, juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang lebih penting.



4. Menjaga Berat Badan
Beras merah diyakini sebagai pilihan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan karena kepadatan energinya yang rendah. (Baca juga: Begini Isi Chat Anya Geraldine dengan Rizky Febian)

5. Risiko Diabetes
Beras merah tinggi kandungan magnesium dan serat yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Menurut penelitian, konsumsi beras merah juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

6. Risiko Penyakit Jantung
Kandungan lignan ditemukan dalam beras merah, dimana kandungan tersebut dapat membantu melindungi jantung seseorang terhadap penyakit.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top