5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dan Asam Urat

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:15 WIB
loading...
5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dan Asam Urat
Manfaat rebung untuk kesehatan, diantaranya adalah ampuh menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat rebung untuk kesehatan menarik untuk diulas. Pasalnya, kandungan nutrisi dalam sayuran tersebut dipercaya ampuh mengatasi berbagai penyakit, seperti kolesterol dan asam urat.

Rebung atau tunas bambu merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, rebung juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Rebung juga memiliki segudang nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh termasuk serat dan antioksidan yang cukup tinggi.

Lantas apa saja manfaat rebung untuk kesehatan? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari Stylecraze yang dikutip, Selasa (25/7/2023).

5 Manfaat Rebung untuk Kesehatan

1. Turunkan Berat Badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat yang lebih tinggi dapat meningkatkan penurunan berat badan. Termasuk salah satunya dengan mengonsumsi rebung yang merupakan makanan yang tinggi serat.



Serat makanan membutuhkan waktu untuk mencerna dan mungkin membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat membantu dalam mengontrol porsi makan dan memiliki efek yang menguntungkan pada berat badan.

2. Turunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa rebung dapat menghambat enzim pengubah angiotensin, yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, antioksidan dalam rebung juga berperan penting dalam mencegah hipertensi dengan menurunkan tingkat tekanan darah.

3. Turunkan Kadar Kolesterol

Serat makanan dalam rebung dapat menurunkan kadar kolesterol serum, terutama kolesterol jahat (LDL). Selain itu, serat juga dapat membantu menjaga profil lipid yang sehat dan meningkatkan fungsi usus.

4. Mengatasi Asam Urat

Sayur rebung akan baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami peradangan atau infeksi. Juga baik untuk Anda yang memiliki masalah tertentu seperti asam urat, sklerosis dan reumatik dimana terbentuk inflamasi pada tubuh tanpa berkaitan dengan infeksi.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Rebung mengandung polifenol bioaktif dan merupakan sumber antioksidan alami yang sangat baik. Mereka dapat mengurangi peradangan di tubuh Anda dan mengatur respons imun untuk mencegah banyak penyakit kronis.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5344 seconds (0.1#10.140)