Apakah Asam Lambung Bisa Memengaruhi Kadar Gula Darah Rendah? Simak Penjelasan Berikut

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:35 WIB
loading...
Apakah Asam Lambung Bisa Memengaruhi Kadar Gula Darah Rendah? Simak Penjelasan Berikut
Apakah asam lambung bisa memengaruhi kadar gula darah rendah? Pertanyaan semacam ini mungkin kerap terlintas dibenak seseorang. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Apakah asam lambung bisa memengaruhi kadar gula darah rendah? Pertanyaan semacam ini mungkin kerap terlintas dibenak seseorang, khususnya ketika sedang memikirkan kondisi tubuhnya.

Keluhan terkait asam lambung merupakan kondisi ketika asam yang diproduksi oleh lambung mencoba naik ke kerongkongan. Keadaan ini dapat menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman seperti dada yang sakit hingga sensasi mulas.

Terkait penyebabnya sendiri, asam lambung bisa muncul akibat rasa stres berlebih pada seseorang. Selain itu, dapat juga terjadi karena pola makan yang kurang sehat, konsumsi makanan pedas, kebiasaan merokok, dan lainnya.



Pada gangguan yang ditimbulkan, terkadang muncul sebuah pertanyaan mengenai fakta keluhan asam lambung yang dapat memengaruhi kadar gula darah rendah. Lantas, benarkah demikian?

Apakah Asam Lambung Memengaruhi Kadar Gula Darah Rendah?

Seseorang yang mengalami gangguan asam lambung bisa terkena sejumlah efek seperti begah, mual, menurunnya nafsu makan, hingga muntah. Kondisi seperti nafsu makan yang menurun atau muntah ini bisa menyebabkan penderitanya tidak mendapatkan cukup kalori, sehingga nantinya bisa membuat kadar gula darahnya menurun.

Kondisi inilah yang mungkin menjadi salah satu kaitan antara gangguan asam lambung dan gula darah rendah. Singkatnya, saat tubuh tidak mendapat asupan nutrisi dari makanan, penderita asam lambung bisa kekurangan nutrisi. Keadaan ini selanjutnya dapat membuat kadar gula dalam darah ikut menurun.

Apabila gula darah menurun, seseorang bisa mengalami hipoglikemia. Kondisi ini merupakan jenis gangguan yang memunculkan beberapa gejala seperti tubuh lemas, lapar, hingga gemetar.

Maka dari itu, penderita asam lambung tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan untuk sekadar mengisi perut. Meski sulit untuk menelan atau nafsu makan yang sangat rendah, tidak ada salahnya untuk tetap mencoba mengisinya secara perlahan sedikit demi sedikit.

Demikian ulasan mengenai pertanyaan “Apakah asam lambung bisa memengaruhi kadar gula darah rendah?”. Semoga bermanfaat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)