3 Makanan Olahan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Favorit Banyak Orang

Selasa, 25 Juli 2023 - 21:55 WIB
loading...
3 Makanan Olahan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Favorit Banyak Orang
Makanan olahan yang mengandung kolesterol tinggi diantaranya keju hingga makanan masakan yang digoreng. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Makanan olahan yang mengandung kolesterol tinggi wajib diketahui bagi setiap orang. Sebab, jika diabaikan makanan tersebut jika dikonsumsi berlebih bisa berdampak pada gangguan kesehatan yang lebih parah.

Kolesterol jadi salah satu sumber penyakit dan momok menakutkan bagi banyak orang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari makanan pola hidup, hingga riwayat penyakit yang membuat naiknya kadar lemak darah pada tubuh.

Kolesterol tinggi sendiri merupakan kondisi di mana lemak menumpuk pada darah. Kondisi itu bisa menyumbat pembuluh darah dan mempersulit aliran darah.

Penderita kolesterol perlu mengatur pola hidup agar terhindar dari berbagai komplikasi penyakit yang disebabkan dari tingginya lemak darah ini. Salah satunya dari asupan makanan.



Berikut makanan olahan yang mengandung kolesterol tinggi dan patut kamu hindari.

3 Makanan Olahan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

1. Keju

Pertama ada keju. Keju merupakan makanan olahan yang terbuat dari susu. Siapa sangka, makanan yang lezat ini justru mengandung kolesterol tinggi.

Dilansir Healthline, keju adalah sumber protein dan kalsium yang bagus, tetapi banyak keju juga tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Ini bisa meningkatkan risiko kolesterol LDL tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Untuk itu, kamu perlu bijak bila ingin mengonsumsi keju agar tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Es Krim

Kemudian ada Es Krim. Makanan yang lezat ini juga menjadi sumber kolesterol. Seperti keju, es krim terbuat dari susu dan banyak mengandung lemak.

Dilansir Medica Alert, peoduk-produk seperti es krim, hingga keju hampir semua yang terbuat dari susu – mengandung kolesterol tinggi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa lemak yang ditemukan dalam susu dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL pada tubuh.

3. Makanan Gorengan

Satu lagi ialah makanan yang serba digoreng, seperti gorengan diketahui sebagai olahan favorit banyak orang. Tentu ini perlu dikurangi karena memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Cobalah untuk mengganti makanan yang digoreng dengan dipanggang atau direbus. Dengan begitu, tubuh bisa lebih terhindar dari tingginya kolesterol.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)