Santan Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Selasa, 04 Januari 2022 - 15:15 WIB
loading...
Santan Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya
Makanan santan dipercaya banyak orang dapat memicu kolesterol tinggi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Makanan bersantan dipercaya banyak orang dapat memicu kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi diketahui bisa menyebabkan terbentuknya endapan di dinding arteri.

Santan memiliki warna putih seperti susu yang dihasilkan oleh parutan daging kelapa tua yang telah dibasahi, sebelum akhirnya diperas dan disaring. Meskipun santan mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang terkandung dalam santan adalah lemak nabati yang sehat. Artinya, santan tidak mengandung lemak jahat. Santan juga diketahui mengandung vitamin B dan antioksidan yang cukup tinggi.



Dilansir dalam laman Halodoc, Selasa (4/1/2022), ternyata santan tidak mengandung kolesterol sama sekali alias nol milligram. Pada porsi 100 gram santan, hanya ada sekitar 230 kalori, 5,54 gram karbohidrat, sodium, protein, lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak jenuh.

Walaupun santan aman dikonsumsi, tetapi dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit di antaranya jantung, stroke, atau masalah kardiovaskular lain.

Sisi baiknya adalah terdapat menfaat dalam mengonsumsi santan dalam porsi dan ukuran yang tepat. Yaitu kalori dan lemak jenuh santan berbahaya untuk dikonsumsi secara berlebihan, tetapi kandungan asam laurat dalam bahan makanan ini bisa dimanfaatkan tubuh sebagai sumber energi meski jumlahnya tidak berlebihan.

Berikut manfaat santan bagi kesehatan, seperti dilansir dari laman Alodokter.

1. Dapat menjaga kadar kolesterol baik.

Sebagain besar orang menganggap santan dapat memicu peningkatan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Padahal, santan tidak mengandung kolesterol jahat dan justru bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam darah.

2. Menjaga berat badan ideal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)