Program Lingkungan MAPAN Bantu Atasi Stunting Guna Tingkatkan Harapan Hidup Sehat pada Anak

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:12 WIB
loading...
Program Lingkungan MAPAN Bantu Atasi Stunting Guna Tingkatkan Harapan Hidup Sehat pada Anak
Grant Senjaya, Head of Corporate Communications PT Ajinomoto Indonesia, dalam kick off program Lingkungan MAPAN di Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara, belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Stunting menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang harus diatasi bersama, karena dampaknya sangat berbahaya buat keberlangsungan jangka panjang bangsa ini.

Berdasarkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, prevalensi stunting Indonesia masih berada pada angka 21,6%. Pemerintah sendiri sudah menargetkan angkat tersebut bisa ditekan hingga 14% pada 2024.

Guna mencapai target tersebut, semua pihak diharapkan bahu-membahu membantu mengatasi masalah stunting. Seperti dilakukan PT Ajinomoto Indonesia bersama para kader kesehatan di Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara, dengan meluncurkan program bernama Lingkungan MAPAN (Mitra Health Provider Ajinomoto).

Salah satu kegiatan dalam program ini adalah membantu menyalurkan makanan sehat, khususnya protein hewani, kepada anak-anak di Sunter Jaya demi menghindari terjadinya stunting akibat kurangnya nutrisi yang diasup si kecil.

Ahli Gizi Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya Hilga Tiara Dewi, S.Gz, M.Si mengatakan, stunting dapat mendatangkan kerugian seumur hidup bagi penderitanya, antara lain terkait kecerdasan, kesejahteraan, dan risiko kematian si penderita.

"Kerugian stunting itu seumur hidup. Stunting bisa menyebabkan empat kali risiko kematian, menurunkan IQ sebanyak 11 poin, dan membuat pendapatan mandiri berkurang hingga mengurangi pula pendapatan ekonomi negara sebanyak 3 persen setiap tahun," beber Hilga saat peluncuran Lingkungan MAPAN di Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara, belum lama ini.

Hilga menambahkan, 50 persen stunting anak bisa terjadi saat ibu hamil. Misalkan ibu hamil yang terlalu kurus, menderita anemia, dan penambahan berat badan yang tidak optimal.

"Ibu hamil yang pendek juga berisiko melahirkan bayi pendek. Paparan asap rokok tak kalah berbahaya. Sebab, asap rokok dapat mempersempit pembuluh darah ke plasenta, di mana makanan dari ibu kepada bayinya kan dibawa melalui plasenta ini," terang Hilga.

Berangkat dari kepedulian akan persoalan tersebut, program Lingkungan MAPAN dibuat dengan menggelar pelatihan dan pendampingan untuk para kader posyandu Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya guna menurunkan angka stunting.

"Selain itu kami juga mendukung pemberian makanan tambahan untuk balita penderita stunting agar pertumbuhan mereka bisa sesuai standar WHO," kata Grant Senjaya, Head of Corporate Communications PT Ajinomoto Indonesia.

Program Lingkungan MAPAN rencananya dilaksanakan di tiga kota yakni Jakarta, Karawang, dan Surabaya hingga Maret 2024. Di Lingkungan MAPAN ini bakal dilakukan berbagai kegiatan di bidang kesehatan, lingkungan, serta pengembangan ekonomi untuk UMKM kuliner.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0897 seconds (0.1#10.140)