5 Fakta Boneka Barbie, Sejarah hingga Inspirasi Penciptaannya

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:34 WIB
loading...
5 Fakta Boneka Barbie, Sejarah hingga Inspirasi Penciptaannya
Dunia tengah dilanda demam Barbie pascaperilisan film live action-nya belum lama ini. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Dunia tengah dilanda demam Barbie pascaperilisan film live action-nya belum lama ini.

Barbie sendiri kita kenal sebagai karakter boneka nan cantik dan modis. Sejak pertama kali diluncurkan pada 1959 di Amerika Serikat, boneka ini telah merebut hati jutaan orang di seluruh dunia.

Brand Barbie diketahui diciptakan oleh Mattel. Mattel merupakan perusahaan yang didirikan pasangan suami istri Ruth Handler dan suaminya, Elliot.



Selama 60 tahun kehadirannya, Barbie telah melakukan banyak "petualangan" dan melakukan lebih dari 250 pekerjaan berbeda, dari astronot hingga presiden AS. Pada pertengahan tahun ini, Barbie membuat lompatan besar dengan tampil di layar lebar melalui film karya Greta Gerwig yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling.

Lantas, siapa sih si Barbie ini? Berikut fakta seputar Barbie, dari sejarah hingga penciptanya, seperti dilansir dari USA Today, Rabu (26/7/2023).

1. Nama Lengkap Barbie

Nama lengkap Barbie adalah Barbara Millicent Roberts. Boneka itu dinamai seperti nama putri keluarga Handler, yakni Barbara, yang menjadi inspirasi di balik kreasi Barbie.

2. Sejarah Barbie

Barbie diciptakan oleh Ruth Handler. Handler terinspirasi menciptakan Barbie setelah melihat putrinya bermain dengan boneka kertas yang menyerupai wanita dewasa.

Saat itu, boneka bayi adalah mainan yang populer. Tidak banyak boneka di pasaran yang memungkinkan anak perempuan untuk bermain peran dan membayangkan masa depan mereka setelah menjadi ibu.

Awalnya, ide Handler tidak disambut baik karena Elliot sang suami dan sesama eksekutif industri khawatir tentang boneka bertubuh dewasa.


3. Terinspirasi Karakter Komik Jerman

Desain Barbie dibuat setelah melihat boneka Bild Lilli yang dikreasikan dengan gambar karakter komik Jerman. Lilli awalnya dipasarkan untuk orang dewasa, namun akhirnya populer di kalangan anak-anak yang suka mendandani boneka.

Mattel membeli hak atas Lilli dan membuat versi mereka sendiri yaitu Barbie.

4. Ulang Tahun pada 9 Maret

Barbie pertama kali diperkenalkan pada 9 Maret 1959. Makanya, saat ini tanggal tersebut dianggap sebagai hari ulang tahun resmi Barbie. Boneka itu perdana diluncurkan dalam ajang American Toy Fair di New York City.

Barbie yang diciptakan pertama kali alias Barbie No. 1 merupakan cerminan dari gaya pada saat itu. Dia tersedia dalam dua versi, satu dengan rambut pirang dan satu dengan berambut cokelat. Keduanya memakai kuncir kuda dengan poni keriting.

Barbie mengenakan baju renang tanpa tali bergaris-garis hitam putih, satu set lingkaran emas, dan sepatu hak tinggi hitam.

5. Langsung Laku Keras

Dalam tahun pertama perluncurannya, 300.000 boneka Barbie berhasil terjual. Kecintaan publik terhadap boneka ini pun semakin meningkat.

Pada 2021 saja, lebih dari 86 juta boneka Barbie berhasil terjual dan sekitar 164 Barbie tercatat ludes setiap menit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)