12 Faktor yang Mempengaruhi Darah Tinggi, Nomor 6 Banyak Dialami Wanita

Rabu, 26 Juli 2023 - 18:35 WIB
loading...
12 Faktor yang Mempengaruhi Darah Tinggi, Nomor 6 Banyak Dialami Wanita
Darah tinggi memiliki banyak faktor risiko yang harus diwaspadai. Faktor ini bisa disebabkan karena gaya hidup tidak sehat yang telah menjadi kebiasaan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Darah tinggi memiliki banyak faktor risiko yang harus diwaspadai. Faktor ini bisa disebabkan karena gaya hidup tidak sehat yang telah menjadi kebiasaan sehari-hari atau kondisi tertentu.

Dikenal juga sebagai hipertensi, tekanan darah tinggi merupakan kondisi umum yang mempengaruhi arteri tubuh. Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Penting untuk memeriksakan tekanan darah setidaknya setiap dua tahun mulai dari usia 18 tahun. Beberapa orang membutuhkan pemeriksaan yang lebih sering. Secara umum, darah tinggi adalah 130/80 milimeter air raksa (mm Hg) atau lebih tinggi.

Faktor yang Mempengaruhi Darah Tinggi



Berikut faktor yang memengaruhi darah tinggi dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (26/7/2023).



1. Usia


Risiko tekanan darah tinggi meningkat seiring bertambahnya usia. Sampai sekitar usia 64 tahun, tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada pria. Wanita lebih mengalami tekanan darah tinggi setelah usia 65 tahun.

2. Ras


Tekanan darah tinggi sangat umum di kalangan orang kulit hitam. Ini berkembang pada usia lebih dini pada orang kulit hitam daripada pada orang kulit putih.

3. Riwayat Keluarga


Anda lebih mungkin mengalami tekanan darah tinggi jika memiliki orang tua atau saudara kandung dengan kondisi tersebut.

4. Obesitas


Obesitas atau kelebihan berat badan menyebabkan perubahan pada pembuluh darah, ginjal, dan bagian tubuh lainnya. Perubahan ini seringkali meningkatkan tekanan darah. Obesitas juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan faktor risikonya, seperti kolesterol tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2680 seconds (0.1#10.140)