Tak Kuasai Teori Not Balok, Rhoma Irama: Lagu Dimainkan Bukan Ditulis

Kamis, 27 Juli 2023 - 07:08 WIB
loading...
Tak Kuasai Teori Not Balok, Rhoma Irama: Lagu Dimainkan Bukan Ditulis
Rhoma Irama. Foto/Ravie Wardani/MPI
A A A
JAKARTA - Rhoma Irama dikenal sebagai musisi legendaris yang masih eksis sejak 1960-an hingga saat ini. Bahkan, di usia senjanya, Rhoma masih kebanjiran job manggung di acara berskala festival.

Dibalik nama besarnya, ada fakta unik yang tak jarang diketahui publik soal musikalitas sang raja dangdut. Rhoma mengaku tidak menguasai teori partitur atau not balok dalam sebuah lagu.

"Dulu waktu sama almarhum Idang Rasjidi, dia sempat mau buat partitur (not balok) di lagu saya. Dia bilang 'Oma, lagu kamu nggak bisa ditulis ini, salah semua lagu kamu' terus saya bilang, 'yaudah mainkan aja, lagu saya dimainkan bukan ditulis'," kata Rhoma Irama saat ditemui di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan belum lama ini.

Pelantun Begadang ini memilih metode hapalan untuk mencerna lagu-lagunya sendiri. Lebih dalam, dia juga melibatkan hati saat memainkan lagunya diatas panggung daripada membaca selembaran not balok.



"Saya nggak ngerti ilmu musik, saya lebih kepada jiwa, ketika saya mau ke kiri, ilmu bilang ke kanan, ketika saya kekanan ilmu bilang saya harus ke kiri, jadi saya lepas itu ilmu musik," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)