3 Perbandingan Gula Aren vs Gula Pasir, Mana Lebih Menyehatkan untuk Gula Darah Tinggi?

Kamis, 27 Juli 2023 - 16:20 WIB
loading...
3 Perbandingan Gula Aren vs Gula Pasir, Mana Lebih Menyehatkan untuk Gula Darah Tinggi?
Menjaga gula darah tetap stabil perlu dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit yang dimulai dengan diabetes dan obesitas. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menjaga gula darah tetap stabil perlu dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit yang dimulai dengan diabetes dan obesitas.

Meskipun gula merupakan bagian dari karbohidrat sebagai cadangan energi dalam tubuh, tetap tidak akan baik bila asupan ini terlalu berlebihan. Sebab nantinya kadar gula darah yang tinggi akan diubah menjadi lemak sehingga menyebabkan obesitas.

Selain itu, kelebihan gula darah juga akan membuat disfungsi hingga gangguan produksi insulin sehingga seseorang dapat mengalami diabetes mellitus.



Karena itu, menurut Dosen Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Stefania Widya Setyaningtyas, kita disarankan untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 10% kebutuhan energi.

“Ini setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram per hari,” ujarnya.

Hal tersebut berlaku untuk orang normal. Karena pada penderita gula darah tinggi atau diabetes seharusnya lebih rendah dari angka tersebut atau bahkan tidak mengonsumsi gula sama sekali.

Meski begitu, tetap ada jenis gula yang masih tergolong aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Salah satunya gula aren. Gula yang kerap disamakan dengan brown sugar ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya dan menyimpan berbagai manfaat ketimbang gula pasir.

Perbandingan Gula Aren vs Gula Pasir untuk Gula Darah Tinggi

1. Kandungan Gula Aren vs Gula Pasir

Gula aren memiliki kandungan kalsium, fosfor, besi, natrium, dan kalium yang jauh lebih besar daripada gula pasir. Gula Aren juga punya angka karbo yang lebih rendah.

Menurut laman Kemenkes, dalam 100 gram gula aren terkandung 75 mg kalsium, 35 mg fosfor, 3 mg besi, 15 mg natrium, dan 390 mg natrium. Sedangkan gula pasir hanya punya 5 mg kalsium, 1 mg fosfor, 0,1 mg besi, 1 mg natrium, dan 4,8 mg kalium.


2. Gula Aren Bisa Jaga Kadar Gula Darah

Tidak seperti gula pasir yang pantang dikonsumsi oleh penderita diabetes, gula aren masih tergolong aman. Karena memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat saat mengonsumsi gula aren.

Efek ini baik bagi penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Meski begitu tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Gula Aren Punya Indeks Glikemik Lebih Rendah

Sebenarnya baik gula aren maupun gula pasir sama-sama menjadi salah satu sumber energi. Namun, opsi gula aren ini tentu dapat dipilih oleh para penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah yakni 35 daripada gula pasir yang sebesar 65.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3104 seconds (0.1#10.140)