Studi: Gangguan Neuroendokrin Sebabkan Sindrom Ovarium Polikistik pada Pasien dengan Berat Badan Normal

Kamis, 27 Juli 2023 - 15:00 WIB
loading...
A A A
“Pengeluaran kisspeptin dipengaruhi oleh neurokinin B (NKB) dan dinorfin dari neuron KNDy di bagian otak (hipotalamus). Diperkirakan gangguan keseimbangan kisspeptin, NKB dan dinorfin ini yang akan menyebabkan peningkatan GnRH dan peningkatan rasio LH/FSH," terang dr. Gita.

"Peningkatan rasio LH/FSH inilah yang akan menyebabkan indung telur mengeluarkan hormon androgen, hormon yang biasanya tinggi pada laki-laki, dan tidak adanya ovulasi. Sehingga terjadi gangguan haid, tanda-tanda kelebihan hormon androgen (tumbuhnya kumis, jerawat atau rambut rontok) serta infertilitas pada pasien SOPK,” tambahnya.

Pada penelitian ini ditemukan dua mekanisme yang mungkin menyebabkan peningkatan rasio LH/FSH pada pasien SOPK nir-obese. Yang pertama penurunan dinorfin yang diperkirakan akan memengaruhi peningkatan GnRH secara langsung di otak. Sedangkan yang kedua adalah peningkatan kadar anti-Mullerian hormone (AMH) yang selain secara langsung menyebabkan terhentinya pertumbuhan telur akibat penurunan enzim aromatase, juga secara langsung memengaruhi peningkatan GnRH.

“Dengan demikian, kedua hormon ini diperkirakan merupakan kunci perkembangan penyakit pada pasien SOPK nir-obese. Penemuan ini akan menjadi awal bagi pengembangan tatalaksana pada pasien SOPK, khususnya nir-obese, berdasarkan kelainan yang mendasarinya, bukan hanya bersifat simtomatis atau mengobati gejala saja,” kata dr. Gita.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4043 seconds (0.1#10.140)