Miss Indonesia 2020 Carla Yules Ingatkan Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Selasa, 28 Juli 2020 - 20:18 WIB
loading...
Miss Indonesia 2020 Carla Yules Ingatkan Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental
Miss Indonesia 2020 Carla Yules. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Sadar akan manfaat olahraga, Miss Indonesia 2020 Carla Yules tidak lupa untuk rutin berolahraga. Menurut Carla, olahraga tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tapi juga bagus buat kesehatan mental.

Oleh karena itu, di tengah padatnya jadwal pekerjaan, Carla tidak pernah absen untuk tetap bergerak aktif. ( )

"Mungkin buat kalian yang sibuk ada alasan untuk nggak berolahraga. Mulai sekarang harus berolahraga walau hanya beberapa kali," kata Carla seperti dikutip dari live streaming YouTube SINDOnews, Selasa (28/7).

"Secara ilmiah, olahraga bantu lancarkan peredaran darah dan keluarkan toksin dalam bentuk keringat. Secara mental dan mood jadi baik. Fisik juga sehat," sambungnya.

Hal ini senada dengan penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan kebugaran mental. Analisis skala besar dilakukan di Universitas Basel dan rekan-rekan mereka di Universitas Tsukuba, Jepang. Kelompok penelitian dengan partisipasi, Dr. Sebastian Ludyga dan Prof. Uwe Puhse, mengevaluasi 80 studi individu untuk mengidentifikasi beberapa karakteristik kunci.

Olahraga ketahanan, olahraga kekuatan, atau campuran komponen-komponen ini dinilai bisa meningkatkan kinerja kognitif. Namun, olahraga yang terkoordinasi dan menantang dan memerlukan pola gerakan yang kompleks serta interaksi dengan sesama pemain secara signifikan lebih efektif. ( )

"Untuk berkoordinasi selama olahraga tampaknya lebih penting daripada total volume kegiatan olahraga," jelas Ludyga, seperti dilansir laman Times Now News.

Total olahraga yang lebih tinggi tidak selalu mengarah pada tingkat efektivitas kebugaran mental yang lebih tinggi. Durasi yang lebih lama per unit akitivitas fisik menjanjikan peningkatan yang lebih besar dalam kinerja kognitif dalam periode waktu yang lebih lama.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)