5 Cara Diet Aman dan Sehat bagi Penderita Diabetes

Jum'at, 28 Juli 2023 - 15:19 WIB
loading...
5 Cara Diet Aman dan Sehat bagi Penderita Diabetes
Cara diet bagi penderita diabetes berbeda dengan orang-orang pada umumnya. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Cara diet bagi penderita diabetes berbeda dengan orang-orang pada umumnya.

Pada dasarnya, diet memang harus dilakukan oleh penderita diabetes. Sebab, diet dengan cara mengubah pola makan yang lebih sehat menjadi salah satu cara mencegah naiknya kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

Lantas, apa saja cara diet bagi para penderita diabetes? Berikut di antaranya, dilansir dari laman Kemenkes RI, Jumat (28/7/2023).


1. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan adalan salah satu hal terpenting dan tidak boleh dilewatkan oleh penderita diabetes. Sarapan membuat tubuh mendapatkan energi yang pas. Dengan begitu akan menghindarkan nafsu makan berlebih saat makan siang. Dengan begitu, kadar gula darah akan terkontrol.

2. Makan Teratur

Bukan hanya menyesuaikan jenis makanannya, pastikan pula makan makanan dengan teratur.

Penderita diabetes harus memperhatikan jadwal dan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dilakukan untuk mengatur kadar gula darah tetap stabil.

3. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Serat dan Karbohidrat Kompleks

Makanan dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleks dianjurkan bagi penderita diabetes. Pasalnya, kedua makanan tersebut cukup lama diolah di dalam pencernaan. Dengan begitu, kadar gula darah bisa stabil.

Bukan hanya itu, karbohidrat kompleks merupakan sumber energi terbaik sehingga bisa menunda rasa lapar. Untuk makanan dengan kandungan serat, lebih banyaklah mengonsumsi buah dan sayuran hijau.


4. Konsumsi Lebih Banyak Omega-3

Minyak ikan atau omega-3 merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, terlebih jantung. Omega-3 bisa didapatkan dengan mudah dari beberapa jenis ikan seperti tuna, salmon, dan masih banyak lagi.

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak minyak ikan. Pasalnya, kandungan ini sangat baik untuk mencegah risiko terjadinya peradangan pada penderita diabetes. Dengan begitu, komplikasi diabetes akan terhindar.

5. Imbangi dengan Olahraga

Melakukan aktivitas fisik menjadi faktor terpenting untuk penderita diabetes. Aktivitas fisik akan membantu mengontrol kadar gula darah dan juga cara membuat hidup lebih sehat. Pasalnya, saat berolahraga, otot akan membutuhkan gula untuk membakar energi.

Dengan begitu, insulin akan terbantu dalam pengolahan glukosa dalam tubuh. Bagi penderita diabetes bisa melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki, berlari, berjalan cepat, atau bersepeda. Pastikan olahraga dilakukan secara rutin, minimal satu minggu sekali.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)