Inspirasi Desain Streetwear Populer Bisa Menjadi Referensi

Jum'at, 28 Juli 2023 - 17:42 WIB
loading...
Inspirasi Desain Streetwear Populer Bisa Menjadi Referensi
Banyak inspirasi desain streetwear bermunculan bisa jadi referensi untuk diterapkan. (Foto by Freepik)
A A A
JAKARTA - Seiring berkembangnya trend fashion, semakin banyak inspirasi desain streetwear bermunculan bisa menjadi referensi untuk diterapkan. Tapi memang, streetwear inspirasi desain menjadi lebih populer dalam waktu beberapa tahun terakhir ini.

Terutama bagi kalangan generasi milenial yang gemar mengekspresikan diri mereka lewat gaya berpakaian. Bahkan sekarang ini fashion streetwear menjadi ciri khas berbagai jenis komunitas, salah satu contohnya skateboard.

Desain untuk komunitas biasanya dibuat custom yang menggambarkan karakter mereka. Tidak heran bila kalian akan menemukan desain streetwear komunitas yang terlihat unik dan berbeda. Bagi kalian yang sedang mencari ide desain streetwear, bisa menyimak uraian berikut.

Membahas Sekilas tentang Desain Streetwear
Masih banyak orang belum tahu sebenarnya apa itu streetwear. Jadi, streetwear adalah trend fashion jalanan bertemakan casual, nyaman serta santai. Disadari atau tidak, mode fashion seperti ini telah menjadi trend sejak era 1990-an.

Inspirasi desain streetwear merupakan konsep fashion yang dipopulerkan oleh beragam komunitas anak muda di jalanan. Awal mula kemunculan trend seperti ini pada tahun 70-an dari mode fashion pemuda New York, Skateboard California serta Amerika Serikat.

Sejak saat itulah mode fashion ini menjadi trend di kalangan para remaja dan masih populer hingga sekarang. Sebelum akhirnya menjadi trend, mode ini pada awal kemunculannya dianggap sebagai kelompok fashion anak muda pemberontak.

Tapi, seiring berjalannya waktu trend fashion satu ini memiliki semakin banyak peminat, bahkan mampu menguasai pasar. Awal mula bisa menguasai pasar, brand fashion ternama, seperti Adidas, Dr Martens serta Fila mengeluarkan produk kasual sesuai trend komunitas anak muda.

Pada era 1980-an, banyak brand baru mulai bermunculan bertemakan streetwear. Salah satunya adalah Shawn Stussy yang membawa tema printed t-shirt. Shawn Stussy menciptakan strategi penjualan terbatas dengan membuat produk eksklusif.

Strategi inilah yang membuat brand ini semakin banyak peminat, terutama kalangan penggemar inspirasi desain streetwear. Pada 1990-an banyak brand fashion baru bermunculan, terutama kalangan rapper.

Semakin maraknya desain bermunculan, semakin banyak juga brand yang awalnya membawakan konsep berbeda, terinspirasi membuat style serupa. Bahkan beberapa brand ada yang melakukan kolaborasi, seperti Supreme dengan Louis Vuitton.

Pengaruh gaya berpakaian streetwear mayoritas oleh kaum urban, hip hop serta anak muda. Hal seperti ini terlihat dari fashion casual yang banyak anak muda kenakan, seperti hoodie, kaos oversize dan sneakers.

Inilah Lima Ciri Penampilan ala Streetwear
Sebelum membahas ragam inspirasi desain streetwear, alangkah baiknya bila kalian mengetahui bagaimana ciri penampilan ala trend fashion satu ini. Berbeda dengan gaya fashion pada umumnya, inilah beberapa ciri penampilan streetwear:

Desain Grafis Unik
Ciri pertama, dari segi desain grafis, trend fashion satu ini terbilang unik serta variatif. Biasanya akan ada penggabungan berbagai unsur subkultur lainnya, seperti musik. Bahkan ada juga yang menggunakan elemen grafis berani, seperti fotografi dan logo.

Trendy
Ciri selanjutnya adalah trendy. Mode fashion satu ini kerap mengalami perubahan trend yang termasuk kategori cepat. Bahkan tidak jarang perilisan desain tertentu dibuat secara terbatas hanya beberapa picis saja.

Terlihat Non-Formal
Desain trend fashion satu ini tampak non-formal atau cenderung santai. Selain itu, umumnya memiliki ukuran lebih besar dari pada biasanya. Berbeda dengan karakter fashion formal yang harus tampak rapi setiap saat.

Warna Bervariasi
Inspirasi desain streetwear mempunyai warna bervariasi, mulai dari bernuansa terang hingga gelap. Jadi, pilihan warnanya bisa menyesuaikan dengan selera, bisa hitam, merah, biru, cokelat, kuning, hijau atau lain-lain.

Menggunakan Aksesoris Unik
Ciri terakhir, trend fashion ini biasanya digunakan dengan kombinasi aksesoris unik. Fungsi aksesoris unik ini untuk menambah kesan tampilan supaya terlihat lebih stylish. Contoh aksesorisnya adalah jam tangan sport dan topi.

10 Ragam Inspirasi Desain Streetwear Populer Bisa Menjadi Referensi Pilihan
Ketika membahas desain fashion, sebenarnya ada banyak. Tapi memang tidak semuanya populer di kalangan remaja. Berikut ini akan ada pembahasan beberapa inspirasi desainnya yang populer dan bisa menjadi referensi pilihan.

HUF Plantlife Socks
Inspirasi desain streetwear pertama adalah HUF, brand asal San Francisco. Pemilik brand satu ini bernama Keith Hufnagel. Awal mula pembentukan HUF, berdasar pada kecintaan pemiliknya terhadap dunia graffiti serta skateboarding.

Hal inilah yang membawanya terhadap pembuatan produk fashion untuk para remaja. Pembuatan HUF prosesnya cukup lama. Sebab, pada awalnya Keith Hufnagel hanya melakukan skateboarding.

Ia mempunyai banyak kesempatan berkeliling Eropa sampai merasakan bahwa yang ditekuninya selama ini bukan hanya sekadar hobi saja, tapi juga gaya hidup. Sejak momen tersebut, Keith Hufnagel menciptakan brand HUF.

Setelah itu, mulai berkembang menjadi merek premium dengan cepat. Sebab, ia paham betul bagaimana selera pasarnya, yakni penggemar skateboarding. Produk yang Hufnagel keluarkan berkaitan erat dengan streetwear, sneakers serta skateboarding.

Santa Cruz x Jim Phillips “Screaming Hand”
Inspirasi desain streetwear selanjutnya oleh Jim Phillips. Pembuatan ide screaming hand ini sudah sejak tahun 50 an, tapi tidak dipakai. Setelah itu, barulah pada 1985, ide tersebut menginspirasinya untuk menciptakan brand streetwear.

Karakter screaming hand tergambar berupa tangan surfer seperti tenggelam serta meminta pertolongan. Konsep seperti ini terbilang unik dan mampu menjelaskan berbagai macam makna hanya dengan gambar tanpa kata-kata.

Bape Camo Pattern
Inspirasi berikutnya datang dari brand bernama Bape, produk fashion asal Jepang. Pemilik brand ini bernama Tomoaki Nagao. Dalam setiap produknya, Bape membawakan ide yang segar dengan sentuhan desain grafis.

Bape populer dengan konsep cetakan produknya yang camouflage, yakni konsep streetwear full color berwarna cerah. Desain paling ikonik dari Bape yaitu hoodie dengan konsep ikan hiu.

Undefeated
Undefeated atau UNDFTD merupakan inspirasi desain streetwear yang tidak kalah menarik. Pembuat Undefeated bernama James Bond dan Eddie Cruz, pada 2011 silam.

Undefeated cepat menarik perhatian karena mempunyai strategi berbeda. Mereka menerapkan strategi dengan langsung melakukan banyak kolaborasi dengan beberapa brand ternama yang telah lebih dulu berkecimpung ke dunia streetwear.

Beberapa contoh brand ternama tersebut adalah Bape, Vans, New Balance dan lain-lain. Mereka mulai menciptakan produk serupa dengan desain terbaru serta lebih segar.

WTAPS
WTAPS (pronounced ‘double taps’) adalah adalah salah satu brand yang populer asal Jepang. Brand ini fokusnya pada baggy pants, work uniform, military pattern dan lainnya dengan konsep utilitarian Jepang.

Konsep seperti ini menjadi aspek pembedanya dengan brand lain. Produk dari WTAPS mempunyai ciri khas yang bisa menjadi inspirasi desain streetwear yaitu banyak penggunaan warna hijau lentera, hoodie ukuran longgar serta jaket kargo.

Supreme
Supreme merupakan ide desain yang sudah populer sejak tahun 90-an. Pemilik brand ini bernama James Jebbia yang merupakan seorang arsitek. Konsep fashion Supreme yaitu menyesuaikan kultur jalanan untuk para anggota komunitas skateboard.

Stussy “World Tour”
Stussy merupakan brand milik Shawn Stussy yang telah ada sejak tahun 80 an. Awal mula penciptaan brand ini dari ketidaksengajaan. Awalnya, ia menuliskan namanya dengan gaya tagging graffiti atau logo Stussy pada papan selancar buatannya memakai spidol.

The Vans Checkerboard Pattern
Inspirasi desain streetwear lainnya datang dari The Vans checkerboard patterns. Kemunculannya berawal dari Paul Van Doren, sang pemilik brand ini saat lulus sekolah mewarnai bagian samping sepatunya menggunakan motif kotak-kotak.

Jenis bahan sepatu tersebut adalah rubber dengan warna putih. Inilah yang membuatnya bisa diwarnai dengan motif kotak-kotak. Momen ini membuat Paul Van Doren terinspirasi membuat brand streetwear yang fokus utamanya adalah sneakers.

Shining Bright
Shining Bright merupakan produk brand lokal milik artis bernama Tarra Budiman. Terdapat banyak opsi dengan konsep full color yang brand ini tawarkan. Shining Bright sering menjalin kolaborasi dengan brand lain baik lokal maupun mancanegara.

Billionaire Boys & Girls Club
Inspirasi desain streetwear terakhir adalah Billionaire Boys and Girls Club. Brand versi pria bernama Billionaire Boys Club atau BBC. Sedangkan brand versi wanita bernama Billionaire Girls Club atau BGC.

Brand ini adalah hasil kolaborasi rapper populer, seperti Pharrell Williams dengan produk lainnya. Brand ini kerap berkolaborasi dengan Bape serta membuat bisnis clothing baru yang berhasil menarik perhatian para penggemar streetwear.

Trend fashion satu ini memang menjadi salah satu gaya paling santai dan casual. Walaupun demikian, tetap menampilkan kesan elegan. Tidak heran bila akhirnya inspirasi desain streetwear selalu ramai dicari hingga sekarang.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2283 seconds (0.1#10.140)