Ini 10 Obat Diabetes yang Bisa Dibeli di Apotek, Ada Metformin hingga Insulin

Minggu, 30 Juli 2023 - 14:05 WIB
loading...
Ini 10 Obat Diabetes yang Bisa Dibeli di Apotek, Ada Metformin hingga Insulin
Obat diabetes yang bisa dibeli di apotek banyak jenisnya, mulai dari Metformin hingga Insulin. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Obat diabetes yang bisa dibeli di apotek sebetulnya banyak. Namun yang dianggapatau sudah terbukti ampuh hanya beberapa saja.

Diketahui, diabetes merupakan kondisi serius yang disebabkan oleh penurunan sekresi insulin dari pankreas dan berkurangnya sensitivitas insulin di sel otot.

Adapun, gejala diabetes biasanya ditandai dengan buang air kecil yang berlebihan, cepat haus, gula darah tinggi, dan nafsu makan meningkat. Nah, untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara konsultasi ke dokter atau membeli obat di apotek.

Lalu obat diabetes apa saja yang bisa dibeli di apotek tersebut? Berikut daftarnya sebagaimana dikutip dari laman Pharmacy Times yang diukur berdasarkan tingkat kemanjurannya, Minggu (30/7/2023).


10 Obat Diabetes yang Disa Dibeli di Apotek

1. Metformin

Metformin dianggap sebagai agen oral lini pertama untuk pasien dengan diabetes dan dapat digunakan untuk mengobati pra-diabetes.

Ia bekerja dengan menurunkan produksi glukosa di hati, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan penyerapan gula usus.

Metformin telah terbukti menurunkan kadar A1 sebesar 1% hingga 2%, kadar glukosa puasa rata-rata 25%, dan kadar glukosa postprandial sebesar 44%.

Tergantung pada tingkat keparahan kondisinya, dokter dapat mencoba metformin yang dikombinasikan dengan modifikasi gaya hidup.

Sebagai monoterapi sebelum menambahkan lebih banyak agen oral ke rejimen pengobatan pasien mereka. Obat itu sendiri ditoleransi dengan baik, meskipun pada awalnya pasien mungkin mengalami gangguan pencernaan, seperti kram perut, diare, dan perut kembung.

2. Jardiance

Jardiance bekerja dengan cara yang sama seperti Invokana tetapi mungkin menjadi pilihan yang lebih disukai pada pasien dengan gangguan ginjal karena mengurangi risiko penyakit ginjal baru atau memburuk sebesar 39%.

Dalam uji klinis, Jardiance juga menunjukkan penurunan tingkat rawat inap dari gagal jantung di setidaknya 40% pasien, yang merupakan sesuatu yang perlu diingat saat memilih SGLT2 mana yang terbaik untuk setiap pasien.

3. Insulin

Pasien dengan diabetes tipe 1 (T1D) harus diobati dengan insulin, karena sel beta di pankreas mereka tidak lagi memproduksinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2864 seconds (0.1#10.140)