Obat Penurun Gula Darah untuk Mengatasi Diabetes, Ini Daftarnya

Selasa, 28 September 2021 - 19:37 WIB
loading...
Obat Penurun Gula Darah untuk Mengatasi Diabetes, Ini Daftarnya
Obat penurun gula darah diperlukan untuk mengatasi diabetes selain mengatur asupan makanan dengan baik. Diabetes menjadi penyakit penyumbang kematian tinggi. Foto/ist.
A A A
JAKARTA - Obat penurun gula darah diperlukan untuk mengatasi diabetes selain mengatur asupan makanan dengan baik. Diabetes sendiri menjadi salah satu penyakit penyumbang kematian yang cukup tinggi di dunia.

Diabetes dapat menyebabkan komplikasi terhadap organ vital lain seperti jantung, ginjal, hati, yang berujung pada kematian. Ini juga merupakan salah satu penyakit seumur hidup yang tidak dapat disembuhkan.

Oleh sebab itu seseorang yang mengidap diabetes diwajibkan untuk mengatur dengan baik kadar gulanya agar tidak melonjak tinggi. Berikut daftar obat penurun gula darah seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021).


1. Metformin

Metformin digunakan untuk membantu menurunkan gula darah bagi pengidap diabetes tipe 2. Metformin bekerja dengan cara meningkatkan kerja dan aktivitas hormon insulin. Selain itu obat ini juga akan menurunkan pembentukan gula darah di dalam hati serta penyerapan gula di dalam usus.

2. Insulin suntik

Insulin sebenarnya adalah hormon yang diproduksi dalam tubuh manusia. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pankreas untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain mengatur kadar gula darah, insulin juga dapat mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.


3. Gliquidone

Gliquidone adalah obat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Ini adalah obat antidiabetes golongan sulfonilurea generasi kedua yang bekerja dengan cara merangsang produksi insulin dan meningkatkan metabolisme karbohidrat.

4. Sulfonilurea

Obat ini bekerja dengan cara merangsang pankreas agar menghasilkan lebih banyak hormon insulin. Obat ini hanya tersedia dalam bentuk tablet dan harus dalam pengawasan serta resep dokter.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9241 seconds (0.1#10.140)