Makanan yang Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam Hitungan Jam

Senin, 31 Juli 2023 - 07:02 WIB
loading...
Makanan yang Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam Hitungan Jam
Makanan yang menurunkan tekanan darah tinggi bisa menjadi alternatif. Makanan manis yakni kakao terbukti menurunkan tekanan darah tinggi dalam hitungan jam. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan yang menurunkan tekanan darah tinggi bisa menjadi alternatif penderita hipertensi. Menurut penelitian, makanan manis yakni kakao atau cokelat terbukti menurunkan tekanan darah tinggi dalam hitungan jam.

Tekanan darah tinggi menjadi penyebab penyakit jantung. Untungnya, Anda dapat mengurangi tekanan darah tinggi melalui diet dan studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition menemukan bahwa kakao bisa memberikan manfaat.

Dilansir dari Express, Senin (31/7/2023) flavanol kakao, senyawa yang ditemukan dalam kakao mentah sebelumnya telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri sebanyak beberapa obat tekanan darah.

Namun, seberapa efektif flavanol dalam kehidupan sehari-hari dalam mengurangi tekanan darah tetap tidak diketahui. Ini karena penelitian sebelumnya di bidang ini telah dilakukan dalam pengaturan eksperimental yang dikontrol ketat. Dalam studi pertama, para peneliti menyelidiki penggunaan flavanol dalam menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri.



“Tekanan darah tinggi dan kekakuan arteri meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Jadi sangat penting bagi kami untuk menyelidiki cara-cara inovatif untuk mengobati kondisi seperti itu,” kata Profesor Kedokteran Kardiovaskular di Universitas Surrey Christian Heiss.

Selama beberapa hari, 11 peserta sehat mengonsumsi enam kapsul flavanol kakao atau enam kapsul plasebo yang mengandung gula merah. Peserta diberikan monitor tekanan darah lengan atas dan klip jari yang mengukur kecepatan gelombang nadi (PWV) yang mengukur tingkat kekakuan arteri.

Pengukuran tekanan darah dan PWV dilakukan sebelum konsumsi kapsul dan setiap 30 menit setelah konsumsi selama tiga jam pertama, dan kemudian setiap jam selama sembilan jam sisanya. Para peneliti menemukan tekanan darah dan kekakuan arteri peserta turun jika tinggi, dan tidak ada efek ketika tekanan darah rendah di pagi hari.

Secara signifikan, efek juga untuk pertama kalinya diidentifikasi pada delapan jam setelah kakao dikonsumsi. Para peneliti percaya bahwa kedua temuan ini mungkin disebabkan oleh bagaimana bakteri di usus memetabolisme flavanol kakao.



“Dampak positif flavanol kakao terhadap sistem kardiovaskular kita, khususnya, fungsi pembuluh darah dan tekanan darah, tidak dapat disangkal. Dokter sering takut bahwa beberapa tablet tekanan darah dapat menurunkan tekanan darah terlalu banyak pada beberapa hari,” kata Heiss.

“Apa yang kami temukan menunjukkan bahwa flavanol kakao hanya menurunkan tekanan darah jika meningkat,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)