7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Wajib Dihindari, Nomor 6 Diminati Banyak Orang

Minggu, 30 Juli 2023 - 07:22 WIB
loading...
7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Wajib Dihindari, Nomor 6 Diminati Banyak Orang
Makanan penyebab darah tinggi yang wajib dihindari, diantaranya daging olahan seperti hotdog atau sosis. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Makanan penyebab darah tinggi banyak jenisnya dan sudah sepatutnya dihindari bahkan ditinggalkan, terutama bagi para penderita hipertensi.

Seperti diketahui, salah satu kunci untuk mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Salah satu yang paling berpengaruh adalah makanan yang dikonsumsi.

Anda harus mengetahui jenis makanan apa saja yang harus dihindari agar terhindar dari darah tinggi. Seperti dilansir singlecare.com, beberapa jenis makanan seperti makanan olahan, lemak jenuh, garam, gorengan, dan mengonsumsi alkohol berlebihan harus dihindari.



Lantas, apa saja makanan penyebab darah tinggi? Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 makanan yang penyebab darah tinggi.

7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Wajib Dihindari

1. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan potongan ayam

Salah satu proses memasak yang banyak digemari adalah menggoreng. Namun, makanan yang digoreng dapat menjadi pantangan bagi pengidap darah tinggi, karena dapat mengandung lemak trans.

2. Daging berlemak

Lonjakan tekanan darah terjadi karena lemak jenuh di dalam daging menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengeras. Konsumsi lemak jenuh juga bisa meningkatkan berat badan yang memperbesar risiko hipertensi.

3. Minyak sayur dan margarin, yang tinggi lemak trans

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit yang mengarah pada jantung. Salah satu cara mengendalikan agar tidak bertambah parah adalah mengontrol asupan yang masuk dalam tubuh salah satunya minyak goreng. Bahan yang banyak ditemukan dalam masakan.

4. Daging olahan seperti bacon dan hot dog

Aneka daging olahan seperti sosis, sering kali dikemas dengan natrium, agar awet dan kaya rasa. Jika dicampurkan dengan makanan tinggi garam lainnya, seperti keju, berbagai bumbu, dan acar, tentu asupan garam dalam tubuh jadi berlebihan.

5. Makanan kaleng dengan pengawet

Ada berbagai macam makanan kaleng yang sebaiknya dihindari seperti sayur, buah, dan sup. Sebab, cara mengawetkan makanan kaleng adalah dengan menggunakan banyak garam.

Jika ingin makan sayur atau buah, jangan pilih yang kalengan, konsumsi yang segar saja karena sudah pasti rendah garam.

6. Makanan tinggi sodium seperti acar dan keripik kentang

Sama seperti sayur kalengan, sayuran yang diolah menjadi acar juga memiliki kandungan sodium yang tinggi.

Pembuatan acar menggunakan campuran air, cuka, dan garam. Akibatnya acar memiliki kandungan sodium yang tinggi dan harus dihindari penyandang hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7. Garam meja

Garam atau natrium adalah salah satu asupan yang diperlukan tubuh. Tapi, terlalu banyak garam atau natrium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi bagi sebagian orang. Saat asupan garam terlalu banyak, organ ginjal bisa kewalahan mengontrol garam dan zat ini membanjiri aliran darah.

Demikian ulasan 7 makanan penyebab darah tinggi yang wajib diketahui, terutama bagi para penderita hipertensi. Semoga bermanfaat!
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)