Main Film Nona Manis Sayange, Haico Van Der Veken Ungkap Tantangan Jadi Orang Bajo

Senin, 31 Juli 2023 - 21:40 WIB
loading...
Main Film Nona Manis Sayange, Haico Van Der Veken Ungkap Tantangan Jadi Orang Bajo
Aktris Haico Van Der Veken. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Aktris Haico Van Der Veken didapuk sebagai pemeran utama dalam film rumah produksi PUTAAR yang berjudul Nona Manis Sayange. Film bergenre drama komedi garapan sutradara Hestu Saputra mengangkat kisah cinta dengan latar adat budaya serta keindahan panorama Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya Labuan Bajo.

Haico Van der Veken selama ini mungkin dikenal sebagai artis sinetron. Namun, kini ia siap untuk kembali main film layar lebar bergenre drama.

Alhasil, Haico Van Der Veken pun menceritakan peran yang ia mainkan. Karena film Nona Manis Sayange mengangkat budaya adat dan budaya NTT, hal itu menjadi tantangan tersendiri sekaligus jadi ilmu baru di mana ia harus belajar bahasa NTT.

"Ini tantangan buat aku jadi orang Bajo, sementara aku nggak ada pengalaman sama sekali, aku juga baru belajar logat NTT ya itu menarik," kata tutur Haico Van Der Veken.



Haico Van Der Veken mengaku sempat merasa kesulitan mempelajari bahasa dan logat NTT hingga pada akhirnya terbiasa. Ia juga melakukan observasi dan memperhatikan cara masyarakat setempat berkomunikasi.

"Menurut aku lumayan susah, kita juga waktu belajarnya, sebenarnya kita diajarin itu beberapa hari sebelum syuting, tapi kita juga membiasakan dengan cara kita pakai dialek itu tiap hari, kita juga observasi," terangnya.

Haico pun mengaku tertantang karakter yang dia perankan sebagai orang asli dari Labuan Bajo. Karena itu, Haico pun harus bisa setidaknya berdialog dengan dialek Bajo.

"Untuk dialek, cara mempelajarinya cukup panjang ya, kayak aku di luar take, ngobrol pakai dialek Bajo, terus diajarin sama orang Bajo asli juga gimana dialek di sana. Kita juga diajarin kebiasaan-kebiasaan di sana," tuturnya.

"Ketika tinggal di sana, aku perhatikan orang-orang Bajo. Cara mereka ngomong, 'oh kalau kata ini mereka cara bilangnya ini', kita belajar dari situ juga. Awal-awalnya susah (logatnya) tapi lama-kelamaan kita pun jadi terbiasa," sambungnya.

DR Ngadiman selaku eksekutif produser mengungkapkan dirinya merasa terpanggil untuk mengenalkan adat budaya serta keindahan NTT agar menambah daya tarik turis untuk berkunjung ke sana.

"Latar belakang kami membuat film ini adalah untuk memperkenalkan adat dan budaya NTT khususnya Labuan Bajo, yang mana keindahannya sangat mempesona dan lagi menjadi perhatian banyak turis baik dari dalam maupun luar negeri," kata DR Ngadiman.

Sebagai informasi, film yang direncanakan tayang pada akhir tahun 2023 ini dibintangi tak hanya oleh Haico Van Der Veken. Namun ada juga artis-artis lain seperti Pangeran Lantang, Bhisma Mulia, Mathias Muchus, Chanceline, Luz Victoria, dan yang lainnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)