Hari Kanker Paru-paru Sedunia: Sejarah Singkat dan Tujuannya

Selasa, 01 Agustus 2023 - 12:25 WIB
loading...
Hari Kanker Paru-paru Sedunia: Sejarah Singkat dan Tujuannya
Hari kanker paru-paru sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Agustus. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Hari kanker paru-paru sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Agustus. Momen ini sangat penting, mengingat masih tingginya angka kematian dari kasus gangguan kesehatan pernafasan tersebut.

Kanker Paru-paru merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit ganas yang terdapat pada tubuh. Bahkan sampai saat ini kanker paru-paru masih menduduki peringkat pertama dalam kategori penyebab kematian.

Biasanya kanker paru-paru disebabkan oleh berbagai faktor risiko diantaranya faktor yang tidak dapat dikendalikan (usia, jenis kelamin, dan genetik) dan faktor yang dapat dikendalikan seperti (merokok, polutan, dan karsinogen di lingkungan kerja).

Sejarah Singkat

Sebagaimana dilansir laman National Day, Selasa (1/8/2023) disebutkan bahwa sejarah peringatan hari kanker paru-paru sedunia ini mulanya dari Amerika Serikat (AS).

Kala itu momen tersebut diberi nama ‘National Shine a Light on Lung Cancer Day’ oleh Bonnie J. Addario pada tahun 2008.

Namun, sampai akhirnya isu-isu tentang kanker paru-paru pun pertama kali diluncurkan di Forum of International Respiratory Societies yang bekerjasama dengan International Association for the Study of Lung Cancer (IASLC) dan American College of Chest Physician tahun 2012.

Sehingga kampanye itu pun dilaksanakan mulai tanggal 1 Agustus 2012, hingga kini tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Kanker Paru-paru Sedunia.

Tujuan

Dari peringatan hari kanker sedunia juga mempunyai tujuan untuk memberikan memberikan informasi tentang penyebab dan pencegahan kanker paru-paru itu sendiri.

Untuk itu The World Conference on Lung Cancer (WCLC) sebagai organisasi terbesar di dunia emberikan dedikasi untuk permasalahan kanker paru-paru di dunia.

Lewat kampanyenya tersebut WCLC juga bertujuan untuk memberikan informasi tentang penyebab dan pencegahan kanker paru-paru itu sendiri.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3442 seconds (0.1#10.140)