5 Ciri Fisik Anda Harus Segera Cek Kolesterol, Nomor Terakhir Muncul di Kulit Jari

Selasa, 01 Agustus 2023 - 14:15 WIB
loading...
5 Ciri Fisik Anda Harus Segera Cek Kolesterol, Nomor Terakhir Muncul di Kulit Jari
Ciri fisik Anda harus segera melakukan cek kolesterol, diantaranya adalah rasa sakit dan pegal di leher. Foto/Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ciri fisik Anda harus segera melakukan cek kolesterol sangat penting diketahui. Sebab, jika gejala atau tanda dari gangguan kesehatan tersebut diabaikan dapat semakin parah.

Kolesterol merupakan lemak berwarna kekuningan yang diproduksi dalam tubuh. Keberadaan senyawa lemak kompleks ini memiliki fungsi tersendiri yaitu sebagai membuat hormon seks, hormon korteks adrenal, vitamin D, dan untuk membuat garam empedu yang membantu usus untuk menyerap lemak.

Namun memiliki kolesterol berlebih tentunya berbahaya karena bisa menjadi pemicu penyakit jantung dan stroke. Untuk itu penting bagi seseorang mengetahui kadar kolesterol dalam tubuhnya.

Sebagaimana dikutip dari Jurnal berjudul Sistem Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web milik Hengki Tamando Sihotang, untuk mengetahui hal tersebut adalah menggunakan tes laboratorium.



Bila kadarnya melebihi 240 mg, itu artinya sudah batas peringatan yang harus diturunkan. Tetapi ada juga ciri fisik yang membuat seseorang mengetahui bahwa kadar kolesterol yang dimilikinya tinggi.

Lantas apa saja ciri tersebut? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

5 Ciri Fisik Anda Harus Segera Cek Kolesterol

1. Kaki bengkak

Biasanya kondisi ini diawali dengan rasa nyeri di bagian kaki karena kadar kolesterol yang tinggi.

Bila dibiarkan terus menerus maka kaki akan bengkak atau membesar karena plak menumpuk yang menyumbat pembuluh darah di area kaki.

2. Sakit di tengkuk kepala bagian belakang

Kondisi ini disebabkan karena adanya penumpukan plak pada area leher. Penumpukan ini yang menyebabkan aliran darah di area leher terhalangi dan inilah yang membuat bagian tengkuk atau kepala terasa pegal atau sakit.

3. Mudah lelah

Meskipun tidak terlalu spesifik, gejala mudah lelah ini juga bisa menjadi tanda seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Sebab beberapa plak menumpuk dan menyumbat pembuluh darah sehingga alirannya tak lancar ini membuat seseorang mudah kelelahan.

4. Pegal hingga pundak

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Munculnya pegal di area pundak ini juga memiliki penyebab yang sama, bedanya plak yang menumpuk berada di area sekitar pundak.

5. Muncul gumpalan di urat

Biasanya kondisi ini terjadi pada penderita kolesterol karena faktor genetik. Biasanya akan muncul gumpalan sebesar biji kacang di kulit dekat dengan buku-buku jari.

Namun tidak terasa sakit ataupun nyeri sehingga sering diabaikan. Karena itu untuk mengetesnya perlu dilakukan uji laboratorium.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)