4 Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Sudah Terbukti lewat Penelitian

Selasa, 01 Agustus 2023 - 15:51 WIB
loading...
4 Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Sudah Terbukti lewat Penelitian
Empat jus untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi berikut ini bisa menjadi opsi konsumsi sehari-hari. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Empat jus untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi berikut ini bisa menjadi opsi konsumsi sehari-hari, mengingat jus adalah minuman sehat yang menyimpan berbagai manfaat.

Seseorang mengalami kondisi darah tinggi apabila cek tensi atau tekanan darahnya berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Bila mengalami kondisi ini, maka penderita perlu menjalani pola hidup sehat supaya tekanan darah kembali normal.

Jika tidak, tekanan darah tinggi ini akan semakin meroket dan menyebabkan berbagai penyakit yang menyerang organ vital seperti jantung ataupun ginjal. Salah satu pola hidup sehat yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menurunkan darah tinggi.


4 Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi

Salah satu jenis minuman yang mampu menurunkan tekanan darah adalah jus. Karena minuman ini kaya akan serat dan menyimpan banyak kandungan baik. Perlu dicatat, untuk mendapat khasiat yang maksimal, lebih baik jangan menggunakan gula atau pemanis buatan lain.

1. Jus Tomat

Dilansir dari Healthline, dalam sebuah studi tahun 2019 di Jepang disimpulkan bahwa mengonsumsi jus tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Jus tomat juga kaya akan vitamin, potassium, dan antioksidan. Membuatnya bagus untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan meningkatkan metabolisme.

2. Jus Delima

Pada umumnya buah delima kaya akan nutrisi, seperti folat dan vitamin C. Buah ini juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat, membuatnya menjadi solusi tepat untuk menyehatkan jantung, dan menormalkan tekanan darah.

Dalam tinjauan literatur tahun 2017 terhadap delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.


3. Jus Berry

Dalam sebuah studi yang meneliti pengaruh buah beri, jeruk, dan ceri di meta-analisis uji coba terkontrol menyebutkan bahwa mengonsumsi buah beri dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat.

Beberapa jenis buah berry macam blueberry, stroberi, dan raspberry dikenal kaya akan antioksidan. Pada pasien hipertensi, jus berry mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 7,3 dan 6,8 mmHg setelah masing-masing 6 dan 12 minggu.

4. Jus Bit Merah

Bit merupakan umbi-umbian yang populer di wilayah Amerika Utara. Selain rendah kalori, bit juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang baik bagi tubuh.

Dalam sebuah studi percontohan acak pada 2016 disebutkan bahwa jus bit mentah punya efek untuk mengurangi tekanan darah, namun jus bit matang justru dapat meningkatkannya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)