5 Cara Membersihkan Tas Kulit yang Berjamur, Jadi Kinclong seperti Baru

Kamis, 03 Agustus 2023 - 05:00 WIB
loading...
5 Cara Membersihkan Tas Kulit yang Berjamur, Jadi Kinclong seperti Baru
Tas kulit adalah aksesori yang populer dan elegan.Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Tas kulit adalah aksesori yang populer dan elegan. Tapi sayang, tas ini mudah dihinggapi jamur jika tidak dirawat dengan baik atau disimpan dalam kondisi yang lembab.

Jamur pada tas kulit dapat merusak tampilannya dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Jika tas kulit Anda mengalami masalah jamur, jangan khawatir. Berikut adalah 5 cara membersihkan tas kulit yang berjamur dan mengembalikannya ke keadaan semula.

Apa Itu Tas yang Berjamur?

Tas berjamur adalah yang permukaannya ditumbuhi oleh jamur dan sering kali berwarna hitam, hijau, atau bercak putih yang tidak sedap dipandang. Jamur pada tas kulit biasanya muncul akibat kondisi lingkungan yang lembab dan kurangnya ventilasi yang memadai pada penyimpanan tas.

Tempat penyimpanan yang lembab dan gelap menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur.


Cara Membersihkan Tas Kulit yang Berjamur

1. Gunakan Pasta Soda Kue

Soda kue dikenal memiliki sifat pembersih alami yang efektif. Campurkan soda kue dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pasta soda kue pada area yang berjamur dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan dengan kain lembut dan basahi kembali kain dengan air bersih untuk menghilangkan sisa pasta.

2. Gunakan Larutan Cuka dan Air

Larutan cuka dan air juga dapat menjadi alternatif untuk membersihkan jamur pada tas kulit. Campurkan air hangat dan cuka dalam perbandingan 1:1, lalu basahi kain lembut dengan campuran tersebut.

Gosokkan kain lembut tersebut pada area yang terkena jamur dengan lembut. Setelah membersihkan, lap kembali tas dengan kain lembut yang dibasahi air bersih untuk menghilangkan residu cuka.

3. Menggunakan Minyak Esensial

Mengatasi jamur pada tas kulit bisa dilakukan dengan bantuan minyak esensial. Gunakan minyak tea tree atau baby oil untuk membersihkan jamur pada seluruh permukaan tas.

Cara menggunakan minyak esensial ini cukup mudah. Teteskan beberapa tetes minyak esensial pada kain yang lembut. Lalu, tepuk dan usap secara perlahan pada bagian tas yang terdampak jamur. Lakukan dengan lembut hingga seluruh lapisan tas benar-benar bersih. Setelah itu, biarkan tas kering di ruangan terbuka sebelum menyimpannya kembali ke dalam lemari.


4. Menggunakan Obat Khusus Pencegah Jamur

Setelah tas telah dikeringkan dan dibersihkan dengan baik, langkah terakhir yang sangat penting adalah menggunakan obat khusus pencegah jamur. Produk pencegah jamur ini biasanya sudah dilengkapi dengan sikat atau spons yang akan membantu Anda membersihkan serta merawat tas dengan lebih mudah dan cepat.

Obat khusus pencegah jamur ini berfungsi untuk melindungi tas dari pertumbuhan jamur kembali. Dengan mengoleskan lapisan tipis obat pencegah jamur ke seluruh permukaan tas, Anda dapat menciptakan pelindung yang efektif dari kelembaban dan kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan jamur tumbuh kembali.

5. Menggunakan Detergen atau Sabun Cair

Setelah berhasil membersihkan jamur pada tas, langkah selanjutnya adalah menggunakan air dan detergen atau sabun cuci cair yang lembut. Caranya, siapkan air dalam wadah dan tambahkan detergen atau sabun cuci cair ke dalamnya. Aduk hingga campuran tercampur merata.

Kemudian, oleskan campuran detergen atau sabun cair ke seluruh bagian tas yang sebelumnya terkena jamur. Pastikan untuk meratakan campuran dengan lembut menggunakan kain lembut atau spons. Diamkan tas selama beberapa menit agar campuran detergen atau sabun cair dapat bekerja dengan efektif dalam menghilangkan sisa-sisa jamur dan kotoran. MG/Vanya Aisy Nourzaki
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)