5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi dengan Teh atau Kopi

Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:15 WIB
loading...
5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi dengan Teh atau Kopi
Beberapa makanan sebaiknya tidak dikonsumsi dengan teh atau kopi meski terasa enak. Sebab, beberapa makanan bisa menimbulkan bahaya jika dikonsumsi bersamaan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan sebaiknya tidak dikonsumsi dengan teh atau kopi meski terasa enak. Sebab, beberapa makanan bisa menimbulkan bahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan dua minuman tersebut.

Menurut penelitian, kandungan kafein dalam teh dan kopi bisa menghalangi tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Jika Anda gemar ngemil dengan ditemani dua minuman tersebut, pastikan hati-hati dalam memilih makanan yang akan disantap.

Berikut makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan teh atau kopi dilansir dari Times of India, Kamis (3/8/2023).

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi dengan Teh atau Kopi





1. Makanan yang Dibuat dengan Tepung dan Garam


Banyak orang tidak menyadari bahwa makanan ringan yang terbuat dari tepung dan gram dapat menyebabkan masalah pencernaan sekaligus mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi.

2. Makanan Dingin


Para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsimakanan dingin setidaknya selama 30 menit setelah meminum minuman panas seperti teh. Hal ini bisa melemahkan sistem pencernaan dan bisa membuat Anda mual.

3. Makanan yang Terbuat dari Kunyit


Kunyit mengandung antioksidan dan dikatakan sebagai salah satu bumbu penting yang harus dikonsumsi setiap hari. Namun, kunyit harus dihindari dikonsumsi dengan teh atau kopi karena makanan yang mengandung kunyit bisa menimbulkan gas dan sembelit di perut.

4. Lemon dalam Teh


Lemon mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi dan bisa membuat Anda merasa mual dan kembung. Jus lemon dapat membuat teh lebih asam dan dapat menyebabkan pembengkakan di perut. Inilah alasan sebenarnya mengapa para ahli selalu menyarankan untuk tidak minum teh lemon di pagi hari.



5. Makanan Kaya Zat Besi


Teh mengandung tanin dan oksalat, yang mencegah zat besi diserap tubuh dan mengikatnya. Jadi, selalu pastikan untuk menghindari makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun dengan secangkir teh panas.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2594 seconds (0.1#10.140)