Mimisan Parah Bisa Jadi Tanda Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 09:26 WIB
loading...
Mimisan Parah Bisa Jadi Tanda Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai
Mimisan bisa menjadi salah satu tanda darah tinggi yang harus diwaspadai. Tekanan darah tinggi membuat jantung harus bekerja lebih keras memompa darah ke tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Mimisan bisa menjadi salah satu tanda darah tinggi yang harus diwaspadai. Tekanan darah tinggi atau hipertensi membuat jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Awalnya darah tinggi mungkin tidak menyebabkan masalah apa pun. Namun, seiring waktu dapat memberikan tekanan ekstra pada organ-organ tertentu yang menyebabkan kerusakan.

Ini juga merupakan faktor utama dalam sejumlah keadaan darurat medis seperti serangan jantung dan stroke. Dalam kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala yang berarti dapat berlalu tanpa terdeteksi.

“Tekanan darah tinggi jarang memiliki gejala yang terlihat,” kata Yayasan Jantung Inggris dilansir dari Express, Jumat (4/8/2023).



Namun, dalam beberapa kasus mungkin ada beberapa tanda. Yayasan Jantung Inggris mencantumkan mimisan sebagai salah satu indikator tekanan darah tinggi. Ini adalah gejala yang diperdebatkan karena penelitian tidak dapat membuktikan bagaimana mereka terkait.

“Anda tidak sendirian jika Anda pernah mendengar bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan mimisan. Ini adalah asumsi umum, tetapi topiknya masih bisa diperdebatkan,” kata Medical Associates of North Texas.

“Sementara sebagian besar ahli percaya bahwa hipertensi saja tidak menyebabkan mimisan kecuali tekanan darah Anda sangat tinggi. Itu dapat merusak pembuluh darah di dalam hidung Anda, membuat perdarahan lebih mungkin terjadi,” lanjutnya.

Namun, beberapa penelitian terbaru telah menemukan bahwa darah tinggi dapat meningkatkan risiko mimisan yang lebih parah. Studi yang diterbitkan dalam JAMA Otolaryngology Head and Neck Surgery pada 2020, menemukan pasien dengan tekanan darah tinggi memiliki 47 persen peningkatan risiko mimisan.



Sebagai bagian dari penelitian, 35.749 orang dengan usia rata-rata 52 dan tekanan darah tinggi dipelajari lalu dibandingkan dengan kelompok dengan jumlah orang yang tidak mengalami tekanan darah tinggi. Peneliti meneliti mimisan spontan di setiap kelompok yang termasuk mimisan yang tidak disebabkan oleh trauma, operasi atau penyakit dan mengikuti mereka selama 14 tahun.

Selain memiliki 47 persen peningkatan risiko mimisan, peserta tekanan darah tinggi juga mengalami pendarahan yang lebih parah. Mereka 2,7 kali lebih mungkin dirawat di ruang gawat darurat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2641 seconds (0.1#10.140)