Makan Bersama Bantu Lansia Panjang Umur

Rabu, 04 Januari 2017 - 13:20 WIB
Makan Bersama Bantu Lansia Panjang Umur
Makan Bersama Bantu Lansia Panjang Umur
A A A
CALIFORNIA - Makan bersama keluarga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun tak hanya menyenangkan, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti di University of California, San Francisco menemukan bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas hidup lansia.

Dilansir dari The New York Times, penelitian ini melibatkan 1600 responden dewasa dengan usia 71 tahun. Di mana 23% responden yang mengaku merasa kesepian meninggal dalam waktu enam tahun selama penelitian berlangsung. Rasa kesepian diketahui memengaruhi kualitas serta harapan hidup yang berkaitan dengan usia tua.

"Kebutuhan utama orangtua yang sudah beranjak lansia ialah kehadiran orang-orang yang mengenal mereka, menghargai mereka, yang membawa kebahagiaan,” papar pekerja sosial geriatrik senior di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Barbara Moscowitz.

Dengan demikian, memiliki waktu dan menghabiskan waktu dengan kualitas yang baik bisa membantu lansia memiliki persahabatan dan percakapan sebagai kebahagiaan mereka. Kebahagiaan ini pun bisa dirasakan setiap hari.

“Dan mendengarkan cerita-cerita mereka, pelukan hingga rahasia resep cookies, juga bermanfaat bagi Anda. Lansia cukup toleran terhadap ketidaksempurnaan dan keanehan seseorang, lebih dari orang dewasa muda,” ujar profesor perkembangan manusia di Virginia Tech, Rosemary Blieszner.

Penelitian ini juga menemukan bahwa persahabatan saat usia tua bisa menjadi teman terbaik untuk berbagai kisah hidup. Selain itu, cara ini juga membuat Anda memiliki banyak pengalaman.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4780 seconds (0.1#10.140)