10 Ciri-ciri Gagal Ginjal yang Tidak Disadari, Salah Satunya Sulit Tidur

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:00 WIB
loading...
10 Ciri-ciri Gagal Ginjal yang Tidak Disadari, Salah Satunya Sulit Tidur
Ciri-ciri gagal ginjal sering tidak disadari banyak masyarakat. Sebab gejala penyakit ini berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal lambat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri gagal ginjal sering tidak disadari banyak masyarakat. Sebab tanda dan gejala penyakit ini berkembang dari waktu ke waktu jika kerusakan ginjal berlangsung lambat.

Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah, yang kemudian dibuang melalui urine.

Gagal ginjal stadium lanjut dapat menyebabkan tingkat cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya menumpuk di tubuh. Pada tahap awal penyakit ini, biasanya akan sedikit tanda atau gejala yang muncul.

Ciri-ciri Gagal Ginjal yang Tidak Disadari



Akibatnya, Anda mungkin tidak menyadari bahwa mengidapnya sampai kondisi lajut. Berikut ciri-ciri gagal ginjal yang tidak disadari dilansir dari Kidney, Sabtu (5/8/2023).



1. Lelah, Kurang Berenergi dan Sulit Konsentrasi


Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari gagal ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Sulit Tidur


Ketika ginjal tidak menyaring dengan baik, racun tetap berada di dalam darah daripada meninggalkan tubuh melalui urine. Ini bisa membuat Anda sulit tidur. Ada juga hubungan antara obesitas, gagal ginjal, dan sleep apnea lebih sering terjadi pada mereka yang menderita gagal ginjal, dibandingkan dengan populasi umum.

3. Kulit Kering dan Gatal


Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai gagal ginjal. Ini terutama ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)