Sandiaga Uno Dukung Indonesia Shopping Festival 2023, Diharapkan Mampu Tingkatkan Wisata Belanja

Senin, 07 Agustus 2023 - 23:09 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dukung Indonesia Shopping Festival 2023, Diharapkan Mampu Tingkatkan Wisata Belanja
Sandiaga Uno menyambut gelaran Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023 pada 10-20 Agustus 2023. Acara tersebut bakal diadakan serentak di 350 pusat perbelanjaan. Foto/MPI/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut gelaran Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023 pada 10-20 Agustus 2023. Acara ini bakal diadakan serentak di 350 pusat perbelanjaan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan wisata belanja di Indonesia.

Event ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI dan diinisiasi oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Sandiaga mengaku mendukung penuh ISF 2023 dengan mengajak seluruh pelaku di bidang retail, UMKM, dan ekonomi kreatif untuk fokus mengembangkan serta mengeksplor kebudayaan juga makanan Indonesia.



"Indonesia ekonominya digerakkan oleh konsumsi. Nggak belanja, maka nggak gerak nih ekonomi," katanya dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Pada event tersebut akan ada pameran produk dalam negeri dan UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas Nusantara, pertunjukan kesenian daerah, dan midnight sale yang selalu dinantikan oleh masyarakat.

Ketua Umum DPP Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Hariyadi Sukamdani menambahkan, event ini merupakan kolaborasi dengan berbagai pihak, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan.

"Khususnya para pelaku usaha retail yang mengedepankan UMKM dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara hingga mancanegara," katanya.



Sementara itu, Ketua umum DPP APPBI Alphonzus Wijaja mengatakan, Indonesia Shopping Festival 2023 akan dipenuhi diskon spesial hingga 78 persen, sesuai dengan usia Republik Indonesia.

"Melalui Indonesia Shopping Festival 2023 yang diadakan beriringan dengan semangat kemerdekaan ke-78 RI, kami optimis turut berperan aktif mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya industri retail demi membangun perekonomian Indonesia yang lebih hebat lagi," bebernya.

Rangkaian acara yang akan digelar saat ISF 2023 di antaranya pesta durian dengan mengangkat durian lokal Indonesia di Kota Kasablanka, Jakarta, kemudian di Grand Indonesia, Jakarta, menggelar midnight sale.

Kemudian untuk di kota lainnya seperti di Bandung, 23 Paskal Shopping Center akan menggelar peragaan busana, pameran, serta workshop Indonesia Fashion Chamber & Dekranasda Jawa Barat, Semarang di DP Mall menggelar pagelaran fesyen desainer lokal & UMKM, Bali di Sidewalk Jimbaran mengadakan trunk show Endek & Kebaya Bali oleh UMKM Ibu Gubernur Bali dan pertunjukan Tari Panyembrama.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)