5 Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari sebelum Terlambat!

Selasa, 08 Agustus 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari sebelum Terlambat!
Asam urat atau gout disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat di persendian. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyerang lebih dari 8 juta orang di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, penyakit asam urat kasusnya cukup sering ditemukan khususnya di kalangan orang dewasa dan lansia.

Dilansir dari laman Healthline, Selasa (8/8/2023), asam urat atau gout disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat di persendian. Tempat yang paling umum untuk asam urat berkembang adalah jempol kaki. Tempat umum lainnya adalah jari kaki, pergelangan kaki, hingga lutut.

Jika gout tidak diobati, kristal asam urat mungkin mulai menumpuk di area lain seperti tulang belakang, tulang rusuk, atau tengkorak. Jelas ini akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan.



Selain itu, penyebab asam urat pun beragam. Untuk menghindarinya, ada beberapa faktor dan kebiasaan yang perlu Anda waspadai. Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Asam Urat yang Wajib Dihindari

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin

Salah satu penyebab dari kondisi asam urat ialah pola makan. Salah satunya kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin.

Beberapa di antaranya emping dan tapai yang sebaiknya dihindari untuk mencegah asam urat. Kedua makanan tersebut kaya akan purin yang juga tak baik bila dikonsumsi penderita asam urat karena bisa menimbulkan rasa nyeri pada sendi.

Selain itu, makanan tinggi purin lainnya juga termasuk jeroan, jamur, beberapa jenis ikan dan makanan laut, serta kacang polong dan buncis kering.


2. Sering Konsumsi Makanan Manis

Siapa sangka, makanan manis juga bisa jadi penyebab terjadinya asam urat. Para peneliti telah menemukan bahwa gula dapat menyebabkan asam urat. Pasalnya, makanan manis biasanya menggunakan gula buatan yang bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh dan menyebabkan asam urat.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan juga menjadi faktor munculnya asam urat. Pasalnya, sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat daripada sel otot. Selain itu, kelebihan berat badan juga akan mempersulit ginjal untuk menyaring asam urat. Untuk itu, penting seseorang untuk melakukan diet dan menurunkan bobot tubuhnya lebih ideal agar bisa terhindar dari kondisi tersebut.

4. Sering Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dikenal berbahaya bagi tubuh dan bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit. Salah satunya asam urat.

Alkohol bisa membuat tubuh lebih dehidrasi dan memicu kadar asam urat tinggi. Karenanya ginjal harus terlebih dulu menyaring produk yang terjadi dalam darah akibat alkohol yang dikonsumsi.

5. Sering Konsumsi Minuman Manis

Satu lagi penyebab terjadinya asam urat ialah sering mengonsumsi minuman manis. Sama seperti makanan manis, minuman manis juga terkonsentrasi dengan fruktosa dan gula yang mengandung glukosa. Kondisi ini bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh dan menyebabkan asam urat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)