Saling Terkait, Apakah Gula Darah Sama dengan Diabetes?

Rabu, 09 Agustus 2023 - 08:36 WIB
loading...
Saling Terkait, Apakah Gula Darah Sama dengan Diabetes?
Apakah gula darah sama dengan diabetes? Pertanyaan ini kerap muncul lantaran kadar gula darah yang tinggi sering kali dikaitkan dengan penyakit diabetes. Foto Ilustrasi/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Apakah gula darah sama dengan diabetes? Pertanyaan ini kerap muncul lantaran kadar gula darah yang tinggi sering kali dikaitkan dengan penyakit diabetes.

Namun, dua istilah kesehatan tersebut tidaklah sama karena beda pengertian. Gula darah merupakan kadar glukosa dalam darah yang diukur dalam satuan miligram per desiliter (mg/dL).

Sehari-hari kita makan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Di dalam tubuh, zat tersebut dipecah atau dimetabolisme dan kadar gula darah menjadi standar pengukuran apakah seseorang terkena penyakit diabetes melitus atau tidak.



Nah, sementara diabetes sendiri adalah kondisi medis kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu lama.

Dalam kondisi normal, tubuh menghasilkan hormon insulin yang membantu mengatur kadar gula darah. Namun, pada penderita diabetes, tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau tak bisa menggunakan insulin itu secara efektif, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi.

Jadi jelas bukan perbedaan antara gula darah dan diabetes, meski keduanya saling berkaitan?

Tapi, perlu Anda ingat, bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi tanda awal diabetes, sehingga penting untuk memantau kadar gula darah secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter jika terdapat gejala atau tanda-tanda yang mencurigakan.

Sementara itu, pemilihan makanan yang baik akan membantu mempertahankan kadar gula agar tetap normal. Mengutip laman Hellosehat, Rabu (9/8/2023), beberapa contoh makanan yang bisa menjaga gula darah stabil di antaranya:



1. Jagung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)
pixels