Mengenal Insulin dan Pentingnya bagi Gula Darah

Sabtu, 29 Juli 2023 - 15:15 WIB
loading...
Mengenal Insulin dan Pentingnya bagi Gula Darah
Insulin erat kaitannya dengan gula darah. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Insulin erat kaitannya dengan gula darah. Jika insulin tidak bekerja dengan baik, gula darah pun menjadi tidak terkontrol.

Istilah insulin tentu terdengar familiar, apalagi bagi penderita diabetes. Tapi, apakah itu insulin?

Melansir dari laman resmi Siloam Hospital, Sabtu (29/7/2023), insulin diartikan sebagai hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Pankreas bakal melepaskan hormon insulin ketika Anda sedang makan dan bakal mengubah glukosa menjadi energi.



Sebagai informasi, karbohidrat dalam makanan dicerna dan diolah menjadi glukosa. Proses ini nantinya menyebabkan glukosa dalam darah meningkat.

Saat meningkat itulah pankreas melepaskan hormon insulin ke aliran darah. Insulin membuat glukosa masuk ke dalam sel tubuh, lalu berubah menjadi sumber energi.

Insulin dan gula darah seperti tidak bisa dipisahkan. Beberapa masalah kesehatan yang menyangkut insulin antara lain kadar gula darah tinggi (hiperglikemia), kadar gula darah rendah (hipoglikemia), dan juga diabetes melitus.

Pentingnya Insulin bagi Gula Darah

Pentingnya insulin bagi gula darah menarik untuk dipahami. Insulin punya fungsi utama untuk membantu tubuh dalam mengontrol gula darah.

Insulin akan menyerap glukosa dalam sel tubuh demi gula darah tetap terkendali. Adapun sel dalam tubuh pasti butuh glukosa yang diubah menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Di samping itu, ada juga fungsi lain dari insulin, seperti memindahkan glukosa dari darah menuju sel otot, sel lemak dan hati, yang nantinya akan disimpan dalam bentuk glikogen serta dipakai sebagai energi cadangan.


Jenis-Jenis Insulin

Ada beberapa jenis insulin yang biasa disuntikkan pada penderita diabetes maupun penyakit lain yang memang membutuhkan insulin. Seperti misalnya empat insulin berikut ini.

1. Rapid Acting Insulin (Insulin Kerja Cepat)

Insulin jenis ini mampu menurunkan kadar gula dalam dalam waktu singkat. Penyuntikannya umumnya dilakukan 15 menit sebelum menyantap makanan.

2. Short Acting Insulin (Insulin Kerja Pendek)

Berbeda dari rapid acting insulin, short acting insulin bekerja lebih lambat. Pengguna harus menyuntikan insulin jenis ini 30 hingga 60 menit sebelum makan.

3. Intermediate Acting Insulin (Insulin Kerja Menengah)

Kecepatan kerja insulin jenis ini terbilang menengah. Umumnya, intermediate acting insulin butuh waktu antara 1-3 jam.

4. Long Acting Insulin (Insulin Kerja Panjang)

Ada juga insulin yang butuh waktu kerja mencapai 35 jam. Long acting insulin merupakan insulin dengan cara kerja paling lama dan panjang.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)