Sembuhkan Asam Urat dengan Air Lemon, Ampuh Diminum Selama 6 Minggu

Rabu, 09 Agustus 2023 - 19:09 WIB
loading...
Sembuhkan Asam Urat dengan Air Lemon, Ampuh Diminum Selama 6 Minggu
Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa air lemon dapat menyembuhkan asam urat. Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyebabkan serangan asam urat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa air lemon dapat menyembuhkan asam urat . Asam urat merupakan radang sendi yang dapat menyebabkan serangan asam urat jika kadar darahnya terlalu tinggi.

Studi percontohan pada 2015 menemukan bahwa air lemon atau menambahkan jus lemon ke dalam air membantu mengurangi kadar asam urat . Sebuah studi manusia dan hewan dari 2017 menemukan hasil yang serupa.

Dilansir dari Medical News Today, Rabu (9/8/2023) selain tidak memperparah asam urat, air lemon dapat secara aktif menurunkan kadar asam urat.

Sebuah studi pada 2015 terhadap 75 orang yang menderita asam urat, kadar asam urat tinggi, atau bentuk radang sendi lainnya menemukan bahwa minum air lemon selama 6 minggu mengurangi kadar asam urat pada semua kelompok.



Sembuhkan Asam Urat dengan Air Lemon, Ampuh Diminum Selama 6 Minggu

Foto/Infografis SINDOnews

Setiap peserta meminum air lemon dari dua buah lemon segar dalam dua liter air setiap hari selama penelitian. Penulis penelitian berteori bahwa air lemon dapat membantu menetralkan asam urat.

Meskipun air lemon bersifat asam, mengonsumsinya dapat merangsang pelepasan kalsium karbonat dari pankreas, yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Kalsium karbonat adalah zat basa yang melawan asam, termasuk asam urat.

Sampai batas tertentu, jus lemon dapat membantu menurunkan peradangan pada penderita asam urat. Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan peradangan dan nyeri di sekitar persendian selama serangan.

Makanan tertentu rendah purin dan anti-inflamasi bermanfaat bagi penderita asam urat. Buah jeruk, termasuk lemon, jeruk nipis, dan grapefruit, termasuk di antara makanan ini. Buah ini mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang bisa menekan peradangan.



Tidak jelas seberapa besar dampak lemon saja terhadap penyebab peradangan asam urat. Namun, memasukkannya sebagai bagian dari diet rendah purin dan anti-inflamasi dapat membantu.

Meskipun ada banyak manfaat minum air lemon, bukan berarti tanpa risiko. Minuman ini bisa menyebabkan efek samping seperti kerusakan gigi, sariawan, dan masalah pencernaan seperti mual, mulas dan gerd.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)