Ini 4 Perbedaan Kelapa Muda dan Kelapa Hijau yang Harus Anda Ketahui

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 21:30 WIB
loading...
Ini 4 Perbedaan Kelapa Muda dan Kelapa Hijau yang Harus Anda Ketahui
Perbedaan kelapa muda dan kelapa hijau bisa dilihat dari daging buahnya hingga rasanya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Perbedaan kelapa muda dan kelapa hijau bisa dilihat dari daging buahnya hingga rasanya. Meski kadang dianggap sama, namun ternyata keduanya memiliki beberapa hal yang berbeda.

Kelapa menjadi salah satu jenis buah yang sangat digemari masyarakat. Tak hanya dagingnya, penikmatnya sangat menyukai kandungan air yang sangat menyegarkan.

Secara umum, terdapat dua jenis kelapa yang cukup populer untuk diambil airnya, yakni kelapa muda dan kelapa hijau. Meski sama-sama memiliki beragam manfaat, keduanya mempunyai sejumlah perbedaan.

Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum perbedaan kelapa muda dan kelapa hijau sebagai berikut.

Perbedaan Kelapa Muda dan Kelapa Hijau?

1. Kandungan Air


Ketika membicarakan perbedaan antara kelapa muda dan kelapa hijau, salah satu aspek yang bisa dituju adalah kandungan airnya. Mengutip laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, kelapa hijau memiliki air yang lebih banyak daripada kelapa muda.



Pada segi rasa, air dari kelapa hijau cenderung lebih manis. Sedangkan kelapa muda rasa manisnya masih samar, karena mungkin tercampur rasa gurih juga.

2. Daging Kelapa


Selain kandungan air, perbedaan berikutnya terletak pada bagian dagingnya. Daging kelapa hijau banyak dikatakan lebih kenyal. Sementara itu, daging kelapa muda cenderung agak keras.

Kemudian, daging kelapa hijau memiliki lapisan lebih tipis. Sedikit berbeda dengan daging kelapa muda yang tebal. Semakin tua usianya, maka semakin tebal juga dagingnya.

3. Kandungan Nutrisi


Kelapa memang memiliki banyak kandungan bermanfaat. Namun, secara nutrisi kelapa hijau lebih unggul dari kelapa muda.

Hal inilah yang membuat kepala hijau kerap digunakan sebagai obat guna mengatasi penyakit tertentu.


4. Harga


Memiliki beberapa keunggulan, tak heran jika kelapa hijau punya harga yang lebih mahal. Dari sekian penjual, beberapa di antaranya bahkan dikatakan bisa selisih dua kali lipat.

Meski demikian, tak menyurutkan kesukaan masyarakat terhadap kelapa hijau. Di satu sisi harganya memang lebih mahal, namun kandungan air dan nutrisinya memang lebih unggul dari kelapa muda.

Demikian ulasan mengenai deretan perbedaan kelapa hijau dan kelapa muda yang menarik untuk diketahui.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)