10 Makanan Terbaik Menurunkan Kolesterol, Bisa Dibantu dengan Olahraga

Minggu, 13 Agustus 2023 - 10:33 WIB
loading...
10 Makanan Terbaik Menurunkan Kolesterol, Bisa Dibantu dengan Olahraga
Ada banyak makanan terbaik yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan Anda bisa mulai melakukannya saat ini. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA – Ada banyak makanan terbaik yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan Anda bisa mulai melakukannya saat ini.

Diketahui, mengontrol kolesterol dapat dibantu dengan makan dengan baik dan rutin berolahraga.



Selain itu, berhenti merokok juga menjadi bagian penting mengurangi bahaya yang terkait dengan kolesterol tinggi, termasuk membatasi asupan alkohol, dan menjaga berat badan.

Sementara, kolesterol tinggi dapat diturunkan melalui keluarga, itu sering disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang buruk, sehingga dapat disembuhkan dan dihindari.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan pola makan yang baik, olahraga yang konsisten dan terkadang obat-obatan. Dilansir dari India.com pada Minggu (13/8/2023), berikut ulasannya.

Makanan Super untuk Turunkan Kolesterol

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun lebih baik daripada minyak sayur. Minyak zaitun extra virgin dikemas dengan nutrisi seperti Vitamin E dan K serta antioksidan kuat.

Beberapa antioksidan ini dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan melawan oksidasi partikel LDL. Itu juga telah dikenal untuk meningkatkan tekanan darah. Jadi ganti minyak sayur Anda dengan pilihan yang lebih sehat ini.

2. Minyak Kelapa

Kelapa dan minyak kelapa adalah sumber lemak jenuh terkaya di Bumi, di mana 90 persen asam lemaknya jenuh.

Lemak kelapa adalah asam lemak rantai menengah, yang dimetabolisme secara berbeda dan langsung menuju ke hati, di mana mereka diubah menjadi badan keton.

Minyak kelapa juga mengurangi nafsu makan, membuat Anda makan lebih sedikit dan karenanya, asupan kalori lebih sedikit. Sedangkan minyaknya sendiri dapat meningkatkan metabolisme dengan menyuplai hingga 120 kalori per hari. Ini juga sangat bergizi.

3. Keju

Siapa bilang makanan sehat semuanya harus berasa tidak enak? Satu-satunya makanan yang dipuji karena meningkatkan cita rasa sebagian besar makanan cepat saji adalah keju.

Keju mengandung semua kebaikan susu termasuk kalsium, Vitamin B12, fosfor dan selenium, dan juga merupakan sumber protein yang kaya. Satu potong keju dapat memberikan sebanyak 6,7 gram protein ke tubuh Anda – sama dengan satu gelas susu murni.

4. Cokelat hitam

Makanan enak lainnya yang membuat Anda tidak akan merasa bersalah hingga puas. Cokelat hitam tidak hanya sarat dengan antioksidan, juga kaya akan serat (11 persen) dan mineral seperti besi, tembaga, magnesium, dan mangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)