Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Nomor 1 Ukur Lingkar Pinggang

Minggu, 13 Agustus 2023 - 16:01 WIB
loading...
Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Nomor 1 Ukur Lingkar Pinggang
Cara menghitung berat badan ideal tentu menjadi hal menarik bagi sebagian orang. Selain dapat mengkontrol, juga jadi indikator kesehatan yang penting untuk dilakukan. Foto/ toiimg.
A A A
JAKARTA – Cara menghitung berat badan ideal tentu menjadi hal menarik untuk dilakukan bagi sebagian orang. Artinya, seseorang dapat mengkontrol berat badannya dan menjadi salah satu indikator kesehatan yang penting untuk dilakukan.

Kadar lemak dalam tubuh tentu nya akan bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti jenis kelamin, usia, dan tipe tubuh. Jika ingin mengetahui apakah berat badan sudah ideal atau belum sesuai dengan kondisi tubuh.



Dilansir dari website Healtline pada Minggu (13/8/2023), berikut cara menghitung berat badan ideal:

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

1. Lingkar pinggang

Pengukuran lingkar pinggang dapat dilakukan dengan mudah dan tidka memerlukan banyak bantuan. Hal yang perlu dilakukan hanya cukup dengan menempatkan pita pengukur non stretch di sekitar bagian tengah tubuh diatas tulang pinggul, pastikan pita pengukur horizontal di sekitar pinggang.

2. Pengukuran lingkar badan

Metode ini dilakukan dengan menggunakan sebuah pita pengukur yang diukur dengan satuan CM (centimeter). Metode ini dilakukan untuk pengukuran pada bagian tubuh tertentu. Meski metode ini mungkin terlihat sederhana, namun alat ukur ini membutuhkan pengukuran yang akurat dan tepat.

3. Kaliper lipatan kulit

Kaliper lipatan kulit menawarkan cara mudah untuk mengukur berat badan pada tubuh, alat genggam ini berupa menjepit dan mengukur ketebalan lemak di bawah kulit. Biasanya disarankan untuk menggunakan metode pengukuran 7 lokasi saat menggunakan kaliper kulit (Trisep, di bawah tulang belikat, dada, dekata ketiak, diatas pinggul, perut dan paha).


4. Timbangan

Timbangan dapat juga digunakan sebagai alat pengukur berat badan yang mudah dilakukan untuk memantau perkembangan berat badan itu sendiri. Namun, ada beberapa kekurangan pada alat ukur tersebut, yaitu keakuratan timbangan. Namun, meski alat ukur tersebut memiliki keakuratan yang lemah, tetapi alat ukur tersebut dapat menjadi acuan dalam presentase berat badan yang dimiliki.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)