Anak yang Terlalu Sering Nonton TV Berisiko Alami Darah Tinggi dan Obesitas saat Dewasa

Minggu, 13 Agustus 2023 - 19:40 WIB
loading...
Anak yang Terlalu Sering Nonton TV Berisiko Alami Darah Tinggi dan Obesitas saat Dewasa
Anak yang terlalu sering nonton TV berisiko mengalami masalah kesehatan saat dewasa. Di antaranya tekanan darah tinggi, dan tingkat obesitas yang lebih tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa anak yang terlalu sering nonton TV berisiko mengalami masalah kesehatan saat dewasa. Di antaranya penggunaan oksigen yang kurang efisien selama berolahraga, tekanan darah tinggi , dan tingkat obesitas yang lebih tinggi pada usia dewasa pertengahan.

Penelitian tersebut diterbitkan dalam Jurnal Pediatri ini memperhitungkan jenis kelamin, indeks massa tubuh masa kanak-kanak dan situasi ekonomi keluarga. Para peneliti mulai melacak ratusan anak di Selandia Baru pada 1973 dan melakukan penelitian hingga mereka berusia 45 tahun.

Dilansir dari Abc News, Minggu (13/8/2023) penulis studi Dr. Bob Hancox mengatakan bahwa studi tersebut tidak dapat membuktikan bahwa menonton TV menyebabkan efek kesehatan tersebut. Tapi ada kemungkinan alasan keduanya bisa dihubungkan.

Anak-anak yang memiliki lebih banyak waktu layar melakukan lebih sedikit aktivitas fisik, karena aktivitas duduk dan menonton TV yang tidak banyak bergerak. Mereka juga memiliki kebiasaan makan yang lebih buruk, karena melihat iklan makanan cepat saji.



“Jika Anda duduk menonton TV, Anda tidak aktif dan karena itu meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan kurang fit," kata Hancox.

American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa orang tua harus membatasi waktu layar yang tidak perlu, melihat layar dengan anak mereka, dan fokus pada konten dan komunikasi di sekitar waktu layar untuk membantu perkembangan emosi, sosial, otak, dan identitas anak-anak.

"Waktu layar tidak bisa dihindari. Penting untuk menetapkan beberapa pedoman atau harapan untuk anak-anak Anda sejauh kapan Anda harus menggunakan layar dan bagaimana layar harus digunakan,” jelas asisten profesor penyakit dalam dan pediatri yang berfokus pada pengobatan obesitas di Northwestern Medicine Dr. Veronica Johnson.

Orang tua juga dapat berfokus pada faktor-faktor yang terkait dengan waktu layar yang dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti pola makan dan aktivitas fisik.



CDC merekomendasikan minum air dengan buah daripada minuman manis, mengiris sayuran untuk digunakan sebagai camilan cepat, dan membumbui makanan dengan jus lemon, atau campuran bumbu tanpa garam sebagai pengganti garam.

Dengan televisi atau gadget yang terlibat di semua bagian kehidupan, waktu layar tidak selalu harus menjadi hal yang buruk bagi anak-anak. Program pendidikan yang sesuai dengan perkembangan, berbicara dengan keluarga melalui obrolan video dan video latihan bisa memberikan manfaat.

“Menonton sesuatu dengan konten pendidikan berkualitas tinggi yang menarik atau FaceTiming dengan kakek-nenek akan memiliki tingkat keterlibatan dan stimulasi yang berbeda dibandingkan menonton acara televisi secara pasif di latar belakang," ujar direktur pengobatan obesitas di Cedars-Sinai Dr. Amanda Velazquez.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3390 seconds (0.1#10.140)