Apakah Pisang Hijau Bagus untuk Menurunkan Kolesterol? Ini Faktanya

Senin, 14 Agustus 2023 - 08:47 WIB
loading...
Apakah Pisang Hijau Bagus untuk Menurunkan Kolesterol? Ini Faktanya
Apakah pisang hijau bagus untuk menurunkan kolesterol? Faktanya, pisang memang sangat bernutrisi dan memberi pengaruh positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Apakah pisang hijau bagus untuk menurunkan kolesterol? Faktanya, pisang memang sangat bernutrisi dan memberi pengaruh positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mau itu pisang kuning ataupun pisang hijau.

Pisang adalah buah tropis yang rasanya enak dan bertekstur lembut. Dari sisi kandungan nutrisi, buah satu ini kaya akan vitamin dan mineral.

Orang biasanya memakan pisang saat buahnya kuning dan matang. Namun, pisang hijau atau yang masih mentah juga sebetulnya aman dikonsumsi. Pisang hijau memiliki banyak manfaat kesehatan, tak kalah dengan pisang kuning.



Mengutip laman Bebodywise, Senin (14/8/2023), pada 100 gram pisang hijau biasanya terkandung 89 kalori. Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi pisang hijau? Apakah buah ini juga memberi manfaat positif bagi penyakit kolesterol?

Manfaat Pisang Hijau

Terdapat banyak sekali manfaat pisang hijau bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mengatur Tekanan Darah

Pisang hijau dan mentah kaya akan potasium. Potasium sendiri adalah mineral vital yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pemurnian darah, fungsi saraf yang tepat, dan pergerakan otot yang lebih baik.

Kalium pada pisang hijau juga bertindak sebagai vasodilator. Zat tersebut mampu menurunkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

2. Meningkatkan Metabolisme

Pisang hijau sarat kandungan nutrisi dan mineral penting yang mengoptimalkan metabolisme tubuh dengan basis karbohidrat kompleks.


3. Baik untuk Penderita Diabetes

Pisang umumnya memiliki kandungan gula yang rendah. Indeks glikemik pisang hijau berkisar antara 30 dan 50. Makanan dengan indeks glikemik kurang dari 55 dicerna dan dimetabolisme dengan lambat sehingga mengekang lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Pisang hijau mengandung vitamin B6 yang membantu mengontrol glukosa, terutama pada penderita diabetes tipe-2. Itu sebabnya mereka bermanfaat bagi penderita diabetes.

4. Bantu Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Pisang hijau kaya akan sumber pati resisten yang membantu menjaga kadar kolesterol. Kadar kolesterol rendah terkait dengan penurunan risiko kesehatan jantung. Itulah sebabnya konsumsi pisang hijau dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, karena kadar kolesterol kita menurun.

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Memasukkan pisang hijau ke dalam diet dapat meningkatkan kesehatan usus besar Anda. Itu karena pisang tersebut mengandung asam lemak rantai pendek. Kategori asam lemak ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yang membuat pisang hijau bermanfaat untuk pencernaan adalah tingginya jumlah pati resisten di dalamnya. Serat makanan dalam pisang ini membantu mencegah masalah seperti kembung dan sembelit. Selain itu, pisang hijau juga dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

7. Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan

Pisang hijau kaya akan serat makanan. Meskipun membutuhkan waktu paling lama untuk dicerna, serat bisa menyebabkan rasa kenyang. Saat seseorang merasa kenyang di perut, keinginan ngemil cenderung ditekan. Alhasil, Anda tidak akan makan berlebihan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)