Yoga Asana Efektif Turunkan Hipertensi bagi Orang Berusia 30an

Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:01 WIB
loading...
Yoga Asana Efektif Turunkan Hipertensi bagi Orang Berusia 30an
Yoga asana memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya dapat mengatur tekanan darah, khusus untuk orang yang berusia 30an. Foto/ Freepik.
A A A
JAKARTA - Yoga adalah salah satu perubahan gaya hidup terbaik untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Yoga asana mudah dilakukan ini dapat mengatur tekanan darah, khusus untuk orang berusia 30an.

Tekanan darah telah menjadi perhatian terutama di kalangan anak muda. Orang-orang mulai mengembangkan beberapa masalah kesehatan sejak usia akhir 20an hingga awal 30an.



Sementara, hipertensi merupakan silent killer yang datang tanpa peringatan. Ini bukan tanda atau gejala yang jelas, tetapi menempatkan seseorang pada risiko tinggi terkena masalah jantung. Tidak hanya jantung, penderita BP juga menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan lainnya.

Meski ada beberapa faktor genetik yang berperan, pilihan gaya hidup juga merupakan pilihan utama. Selain membuat perubahan dalam pola makan dan olahraga, yoga bisa menjadi cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Dilansir India.com pada Selasa (15/8/2023), berikut pose yoga yang memiliki manfaat hipertensi di usia 30an.

1. Child Pose (Balasna)

Asana ini merupakan pose yang baik untuk memulai hari Anda untuk menurunkan hipertensi. Pose ini membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan meregangkan tulang belakang.

2. Sukhasana atau Pose Mudah

Ini adalah salah satu asana yoga termudah yang akan menciptakan suasana zen. Sukhasana membantu mengatur pernapasan dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Sukhasan baik untuk memperbaiki postur tubuh, punggung dan juga leher. Anda hanya perlu duduk dengan punggung tegak dan menyilangkan kaki. Tutup mata dan tarik napas masuk dan keluar selama beberapa menit.

3. Pose Cobra (Bhujangasana)

Bhujangasana adalah pose yoga yang efektif yang meregangkan tulang belakang, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan asana ini, seseorang dapat menemukan kelegaan dalam tingkat tekanan darah dan juga fleksibilitas.

Seseorang harus berbaring tengkurap, meregangkan kaki dan mengangkat dada dengan kedua tangan di samping.

4. Bridge Pose (Setu Bandhan Asana)

Pose lain yang baik untuk menurunkan hipertensi di masa muda, membantu kesehatan otak dan mengatur pernapasan.

Bridge adalah salah satu pose terbaik yang membantu kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


5. Cat -Cow Pose (Chakravakasana)

Asana ini bagus untuk punggung dan membantu memobilisasi tulang belakang atau harus merangkak dan meletakkan pergelangan tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul.

Tarik napas saat melihat ke atas dan biarkan perut turun ke matras. Buang napas saat memasukkan dagu ke dada, tarik pusar ke arah tulang belakang dan lengkungkan tulang belakang ke arah langit-langit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)